Skip to content
Home » Cara Daftar Haji 2019: Panduan Lengkap untuk Mendaftar Haji

Cara Daftar Haji 2019: Panduan Lengkap untuk Mendaftar Haji

Apa itu Haji?

Haji merupakan salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh umat muslim setidaknya sekali dalam seumur hidup. Ibadah haji sendiri adalah perjalanan ke kota Mekah, Saudi Arabia, untuk melaksanakan serangkaian ritus yang dilakukan selama lima hari pada bulan Dzulhijjah. Selain itu, umat muslim juga diwajibkan untuk melakukan ibadah umrah, yang kurang lengkap dibandingkan haji tetapi tetap disunahkan dilakukan sepanjang tahun.

Mengapa Mendaftar Haji 2019 Penting?

Setiap tahunnya, ratusan ribu muslim dari seluruh dunia datang ke Mekah untuk melaksanakan ibadah haji. Hal ini menjadikan proses pendaftaran dan pelaksanaan haji menjadi harus diatur dan dikelola secara teratur agar pelaksanaannya lancar dan aman bagi para jamaah. Pemerintah Saudi Arabia pun telah menetapkan kuota bagi masing-masing negara untuk menentukan jumlah orang yang bisa melakukan ibadah haji dalam setahun. Karena kuota ini terbatas dan permintaan untuk melakukan ibadah haji sangat tinggi, maka mendaftar haji di tahun 2019 menjadi penting agar jamaah bisa masuk dalam daftar dan mendapatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman ibadah haji.

Langkah-langkah Cara Daftar Haji 2019

  1. Memiliki dan mempersiapkan dokumen yang diperlukan

Untuk mendaftar haji, calon jamaah harus memiliki dokumen pribadi yang lengkap seperti paspor, KTP, akta kelahiran, dan surat nikah bagi yang sudah menikah. Selain itu, calon jamaah juga harus mempersiapkan dokumen-dokumen lain seperti surat keterangan sehat dari dokter, surat rekomendasi dari kantor atau kepala desa, serta bukti telah menunaikan zakat atau sedekah.

  1. Mendaftar melalui BPIH

Untuk mendaftar haji, calon jamaah harus mendaftar melalui Badan Pengelola Keuangan Haji (BPIH) yang merupakan sebuah lembaga non-departemen yang diberi mandat khusus untuk mengelola keuangan haji. Calon jamaah bisa mendaftar secara online melalui website resmi BPIH.

  1. Melakukan briefing dan tes kesehatan
BACA JUGA:   Mengetahui Jarak Tunggu Haji: Persiapan Yang Perlu Dilakukan

Setelah mendaftar, calon jamaah akan mendapatkan jadwal briefing dan tes kesehatan di embarkasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa calon jamaah memahami seluruh proses dan tatacara dalam melaksanakan ibadah haji dan juga memastikan bahwa calon jamaah dalam kondisi sehat dan kuat melakukan ibadah haji.

  1. Melunasi biaya haji

Setelah briefing dan tes kesehatan, calon jamaah diwajibkan untuk melunasi biaya haji sesuai dengan harga paket yang disediakan oleh BPIH atau jika jamaah memilih untuk menggunakan jasa travel haji. Biaya haji pada tahun 2019 diperkirakan sekitar Rp. 34 juta hingga Rp. 49 juta, tergantung dari jenis paket haji yang dipilih.

  1. Mendapatkan visa

Setelah melunasi biaya haji, calon jamaah akan mendapatkan visa yang diberikan oleh pemerintah Saudi Arabia. Visa ini berisi data pribadi calon jamaah dan pertanggalan komponen ritual haji yang dilaksanakan selama lima hari.

Kesimpulan

Mendaftar haji 2019 dapat dilakukan melalui BPIH dengan cara mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas. Kelengkapan dokumen dan kesiapan dalam melakukan segala bentuk tes dan briefing adalah syarat utama dalam mendaftar haji 2019. Semoga panduan ini dapat membantu calon jamaah yang ingin melaksanakan ibadah haji dan mendatangkan kesempurnaan dalam menjalankan ibadah haji nantinya.