Skip to content
Home » Cara Daftar Haji Cicilan – Mudah dan Tidak Ribet

Cara Daftar Haji Cicilan – Mudah dan Tidak Ribet

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang harus dijalankan oleh umat Muslim yang mampu secara materi. Haji dianggap sebagai salah satu ibadah paling agung dan menjadi impian bagi banyak umat Muslim untuk bisa melaksanakannya. Namun, biaya yang harus dikeluarkan untuk menunaikan ibadah haji memang cukup besar, sehingga tak jarang hal ini menjadi hambatan bagi mereka untuk melaksanakannya.

Untuk mengatasi hal tersebut, saat ini telah hadir program haji cicilan yang memungkinkan umat Muslim untuk mendaftar haji dengan cara mencicil pembayarannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara daftar haji cicilan agar Anda bisa mewujudkan impian untuk menunaikan ibadah haji.

Langkah Pertama: Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Sebelum mendaftar haji cicilan, pastikan Anda telah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, antara lain:

  1. Paspor yang masih berlaku.
  2. KTP.
  3. Akte kelahiran atau kartu keluarga (KK).
  4. Surat keterangan nikah (jika sudah menikah).
  5. Surat keterangan mahram (jika berangkat dengan mahram).

Pastikan dokumen-dokumen tersebut dalam kondisi asli dan masih berlaku.

Langkah Kedua: Pilih Bank yang Menyediakan Layanan Haji Cicilan

Saat ini terdapat beberapa bank yang memberikan layanan haji cicilan, antara lain BNI, BRI, dan Bank Mandiri. Langkah selanjutnya adalah pilih bank mana yang akan digunakan untuk mendaftar haji cicilan.

Langkah Ketiga: Lakukan Pendaftaran Melalui Bank yang Dipilih

Setelah memilih bank yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran haji cicilan melalui bank tersebut. Pastikan mengisi formulir pendaftaran dengan benar dan lengkap.

BACA JUGA:   Daftar Embarkasi Haji Indonesia: Informasi Lengkap Untuk Calon Jemaah Haji

Langkah Keempat: Proses Verifikasi

Setelah pendaftaran dilakukan, bank akan melakukan proses verifikasi terhadap data yang telah disampaikan. Verifikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa data yang diterima benar dan valid.

Langkah Kelima: Pembayaran Cicilan

Jika proses verifikasi telah sukses, maka akan dilakukan pengajuan pembayaran cicilan haji. Cicilan ini memiliki besar biaya yang sudah ditentukan sebelumnya.

Langkah Keenam: Mendapatkan Bukti Pendaftaran

Setelah proses pembayaran terpenuhi, maka bank akan memberikan bukti pendaftaran. Bukti ini penting untuk dipergunakan sebagai tanda bahwa Anda telah terdaftar sebagai peserta haji melalui program cicilan.

Kesimpulan

Dengan melakukan daftar haji cicilan melalui bank, umat Muslim yang terkendala masalah biaya dapat mewujudkan impian untuk menunaikan ibadah haji dengan mudah dan tidak ribet. Pastikan Anda menyiapkan dokumen-dokumen dengan benar dan memilih bank yang tepat untuk memproses pendaftaran haji cicilan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda untuk mendaftar haji cicilan dengan sukses.