Skip to content
Home » Cara Daftar Haji di Kabupaten Malang

Cara Daftar Haji di Kabupaten Malang

Banyak orang bermimpi untuk menjalankan ibadah haji, salah satu rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang mampu. Bagi warga Kabupaten Malang, Jawa Timur, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mendaftar haji. Apa saja yang perlu dilakukan? Berikut adalah langkah-langkah cara mendaftar haji di Kabupaten Malang.

Persyaratan

Sebelum mendaftar haji, pastikan Anda memenuhi beberapa persyaratan. Syarat utama adalah Anda harus muslim, sehat secara jasmani dan rohani, berusia minimal 12 tahun, dan sudah melunasi biaya haji. Selain itu, Anda juga harus memiliki paspor yang masih berlaku minimal 8 bulan pada saat keberangkatan, serta tidak sedang dalam proses hukum atau terkena penyakit yang akan membahayakan keamanan orang lain saat di Tanah Suci.

Cara Mendaftar

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengisi formulir pendaftaran haji di kantor Kementerian Agama setempat. Anda harus melengkapi formulir dengan fotokopi KTP, paspor, kartu keluarga, dan 3 lembar pasfoto. Setelah itu, simpan formulir tersebut dengan baik dan tunggu informasi selanjutnya dari kementerian agama.

Pemeriksaan Kesehatan

Setelah mendapatkan pengumuman dari kementerian agama, Anda perlu melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit yang ditunjuk oleh kementerian agama. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan Anda sehat dan tidak membawa penyakit ketika beribadah di Tanah Suci. Jika dinyatakan sehat, Anda akan diberi surat keterangan sehat yang akan digunakan saat pemberangkatan.

Pelunasan Biaya

Langkah terakhir adalah melunasi biaya haji. Biaya haji saat ini sudah termasuk penerbangan, akomodasi, dan makan selama di Tanah Suci. Anda harus membayar biaya tersebut dengan cara transfer ke rekening kementerian agama. Pastikan Anda mengikuti instruksi yang diberikan agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan transfer.

BACA JUGA:   Pendaftaran Haji dan Umrah: Panduan Lengkap untuk Calon Jamaah

Penutup

Demikianlah langkah-langkah cara mendaftar haji di Kabupaten Malang. Pastikan Anda mengikuti semua persyaratan dan langkah-langkah yang telah dijelaskan dengan baik agar mendapatkan tempat di jajaran para jemaah haji. Semoga ibadah haji Anda diterima oleh Allah dan menjadi perekat keimanan di dalam diri Anda.