Skip to content
Home » CARA DAFTAR HAJI DI KOTA SUKABUMI

CARA DAFTAR HAJI DI KOTA SUKABUMI

Haji merupakan salah satu kewajiban bagi umat Muslim yang mampu. Proses pendaftarannya sendiri cukup panjang dan membutuhkan persiapan yang matang. Namun, banyak yang belum mengetahui bagaimana cara daftar haji di kota Sukabumi. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Persiapkan dokumen-dokumen penting

Sebelum mendaftar haji di kota Sukabumi, pastikan untuk menyiapkan dokumen-dokumen penting seperti paspor, KTP, KK, akta lahir, dan surat nikah. Pastikan juga semua dokumen tersebut sudah dimiliki dan masih berlaku.

2. Mendaftar di Kantor Kemenag Kota Sukabumi

Setelah mempersiapkan dokumen-dokumen penting, langkah selanjutnya adalah mendaftar di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sukabumi. Pastikan untuk datang tepat waktu dan membawa semua dokumen yang dibutuhkan.

3. Mengisi Formulir Pendaftaran Haji

Setelah tiba di Kantor Kemenag Kota Sukabumi, pendaftar harus mengisi formulir pendaftaran haji yang telah disediakan. Pastikan untuk mengisi formulir dengan teliti dan lengkap. Jangan lupa untuk membawa persyaratan tambahan seperti bukti isi kantong haji dan rekomendasi dari pengurus terdekat.

4. Verifikasi dokumen

Setelah mengisi formulir pendaftaran, pendaftar akan menjalani proses verifikasi dokumen. Panitia akan memastikan semua dokumen telah terpenuhi syarat dan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

5. Pembayaran Awal

Setelah pendaftar melewati tahap verifikasi dokumen, maka langkah selanjutnya adalah membayar biaya awal untuk pendaftaran haji. Pastikan untuk membayar sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan oleh pihak Kemenag.

6. Wawancara dengan Panitia

Setelah melakukan pembayaran, pendaftar akan diwawancarai oleh panitia. Tujuan wawancara ini adalah untuk memastikan bahwa pendaftar telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak Kemenag.

BACA JUGA:   Daftar Calon Haji Provinsi Gorontalo 2018

7. Pembayaran Selanjutnya

Setelah melewati wawancara, pendaftar harus membayar biaya selanjutnya. Pastikan untuk membayar tepat waktu karena ini berhubungan dengan jadwal keberangkatan haji.

8. Kegiatan Pelatihan

Pendaftar yang telah membayar biaya selanjutnya akan diikutkan dalam program pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak Kemenag. Pelatihan bertujuan untuk memberikan bekal kepada calon jamaah haji sebelum berangkat ke Tanah Suci.

9. Pembelian Asuransi

Pendaftar wajib membeli asuransi kesehatan dan kecelakaan selama menjalankan ibadah haji. Pastikan untuk membeli asuransi di tempat yang terpercaya dan sudah bekerjasama dengan pihak Kemenag.

10. Vaksinasi

Pendaftar juga harus melakukan vaksinasi sebelum berangkat ke Tanah Suci. Pastikan untuk melakukan vaksinasi di tempat yang terpercaya dan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pihak Kemenag.

Itulah langkah-langkah cara daftar haji di kota Sukabumi. Pastikan untuk mempersiapkan semuanya dengan matang agar proses pendaftaran dapat berjalan dengan lancar. Semoga artikel ini dapat membantu bagi yang ingin mendaftar haji.