Skip to content
Home » Cara Daftar Haji di Lampung

Cara Daftar Haji di Lampung

Haji merupakan salah satu ibadah yang penting bagi umat Muslim. Melalui perjalanan ke tanah suci, seseorang bisa merasa lebih dekat dengan Allah dan memperoleh pengalaman spiritual yang membekas sepanjang hidup. Namun, untuk bisa melaksanakan ibadah haji, seseorang harus mendaftar terlebih dahulu dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Bagi Anda yang berdomisili di Lampung, berikut adalah cara daftar haji di Lampung yang perlu Anda ketahui.

Persyaratan Pendaftaran

Sebelum mendaftar haji, pastikan bahwa Anda telah memenuhi persyaratan yang berlaku. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:

  1. Sudah berusia minimal 18 tahun pada saat pendaftaran.
  2. Memiliki identitas yang sah (KTP atau paspor).
  3. Sehat jasmani dan rohani serta mampu melaksanakan ibadah haji.
  4. Memiliki surat keterangan bebas sakit khusus dari dokter dan surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit atau lembaga yang berwenang.
  5. Telah memiliki Akun Sistem Informasi Pemantauan Perjalanan Jamaah Haji (SIPPJH).
  6. Mampu melunasi biaya pendaftaran haji.

Proses Pendaftaran

Untuk mendaftar haji di Lampung, ada beberapa tahap yang harus dilalui. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Mendaftar secara online melalui website resmi Kementerian Agama Republik Indonesia.
  2. Pembayaran pendaftaran melalui bank atau lembaga keuangan resmi yang telah ditunjuk.
  3. Verifikasi berkas oleh petugas haji di tingkat kabupaten/kota.
  4. Pengambilan nomor urut dan bukti pendaftaran oleh calon jamaah haji.

Setelah proses pendaftaran selesai, calon jamaah haji akan mendapat konfirmasi dari kementerian agama terkait jadwal keberangkatan dan revisi kelompok terbang. Pastikan bahwa Anda selalu membuka SIPPJH guna mengetahui informasi terkait kelengkapan dokumen dan proses perjalanan yang perlu dijalani.

Biaya dan Pelunasan

Biaya pendaftaran haji dapat berubah dari tahun ke tahun sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Untuk tahun 2021, biaya pendaftaran haji berkisar antara Rp 33.000.000,- hingga Rp 54.000.000,- tergantung jenis paket yang dipilih. Biaya ini biasanya sudah termasuk biaya transportasi di Saudi Arabia, penginapan selama di Mekah dan Madinah, serta makan dan minum selama di tanah suci.

BACA JUGA:   Hikmah Ibadah Haji dalam Kehidupan

Untuk melunasi biaya pendaftaran haji, Anda dapat membayar secara tunai atau melalui cicilan dengan memanfaatkan program kredit yang disediakan oleh bank atau lembaga keuangan resmi. Pastikan bahwa Anda selalu memenuhi jadwal pembayaran yang telah ditetapkan guna menghindari terjadinya pembatalan pendaftaran.

Penutup

Demikianlah cara daftar haji di Lampung yang perlu Anda ketahui. Penting bagi calon jamaah haji untuk mempersiapkan diri dengan matang sebelum berangkat ke tanah suci. Bila Anda mengalami kendala atau kebingungan dalam proses pendaftaran, jangan ragu untuk menghubungi petugas haji di kabupaten/kota setempat atau langsung ke kantor Kementerian Agama. Semoga sukses dalam melaksanakan ibadah haji dan mendapat ridha Allah SWT.