Skip to content
Home » Cara Daftar Haji Melalui Bank Muamalat

Cara Daftar Haji Melalui Bank Muamalat

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib bagi setiap muslim yang mampu. Seperti yang kita ketahui, setiap tahunnya umat muslim dari berbagai belahan dunia mengalir ke Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Namun tidak semua orang bisa pergi ke sana tanpa proses pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran haji di Indonesia dapat dilakukan melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama ataupun melalui bank-bank syariah yang resmi ditunjuk oleh pemerintah.

Salah satu bank yang menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk mendaftar haji adalah Bank Muamalat. Bank Muamalat merupakan bank syariah pertama di Indonesia yang resmi beroperasi pada tahun 1991. Bank Muamalat membuka akses pendaftaran haji bagi umat muslim Indonesia melalui cabang-cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berikut adalah cara daftar haji melalui Bank Muamalat:

1. Siapkan dokumen persyaratan

Sebelum melakukan pendaftaran, calon jamaah haji harus menyiapkan dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Paspor dengan masa berlaku minimal dua tahun
  • Bukti setoran awal dan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji
  • Surat Kuasa Pendidikan dan Kesehatan dari dokter keluarga

2. Datang ke cabang Bank Muamalat terdekat

Setelah berhasil menyiapkan semua dokumen persyaratan, calon jamaah haji harus datang ke cabang Bank Muamalat terdekat. Pilih cabang Bank Muamalat yang memiliki layanan pendaftaran haji untuk mempermudah proses pendaftaran. Pendaftaran juga bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Bank Muamalat.

3. Isi formulir pendaftaran

Setelah tiba di cabang Bank Muamalat, calon jamaah haji akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Pastikan semua informasi yang tertera di formulir pendaftaran diisi dengan benar dan lengkap.

BACA JUGA:   Daftar Agen Haji dan Umroh di Tangerang

4. Lakukan setoran awal dan pelunasan biaya perjalanan

Setelah mengisi formulir pendaftaran, calon jamaah haji harus membayar setoran awal dan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji melalui Bank Muamalat. Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer atau langsung datang ke teller.

5. Tunggu pengumuman hasil seleksi

Selanjutnya, calon jamaah haji akan mengikuti proses seleksi yang dilakukan oleh Kementerian Agama. Hasil seleksi akan diumumkan melalui website resmi Kementerian Agama. Apabila calon jamaah haji dinyatakan lolos seleksi, maka Bank Muamalat akan memberikan konfirmasi pemberangkatan dan jadwal keberangkatan.

Kesimpulan

Mendaftar haji melalui Bank Muamalat dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Pastikan semua dokumen persyaratan sudah disiapkan dan mengikuti prosedur yang berlaku. Jangan lupa untuk memilih cabang Bank Muamalat terdekat untuk mempermudah proses pendaftaran. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi calon jamaah haji yang ingin melakukan pendaftaran melalui Bank Muamalat.