Skip to content
Home » Cara Daftar Haji Non Kuota

Cara Daftar Haji Non Kuota

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim yang mampu. Bagi sebagian orang, menunaikan ibadah haji adalah impian seumur hidup yang tak ternilai. Namun, untuk bisa berangkat menunaikan haji, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah mendaftar haji non kuota.

Bagi Anda yang ingin mendaftar haji non kuota, berikut adalah panduan lengkapnya.

Apa Itu Haji Non Kuota?

Sebelum membahas cara daftar haji non kuota, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu haji non kuota.

Haji non kuota adalah haji yang dilaksanakan di luar kuota haji yang ditetapkan oleh pemerintah. Kuota haji sendiri adalah jumlah jamaah haji yang diterima oleh Pemerintah Indonesia untuk diberangkatkan menuju Tanah Suci setiap tahunnya. Sedangkan haji non kuota adalah jenis haji yang diberangkatkan di luar kuota tersebut.

Untuk mendaftar haji non kuota, Anda harus memenuhi beberapa syarat dan melalui beberapa tahap. Berikut adalah cara mendaftar haji non kuota.

Langkah-Langkah Mendaftar Haji Non Kuota

Sebelum mendaftar haji non kuota, pastikan bahwa Anda telah memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Telah menunaikan haji sebanyak 1 kali dalam kurun waktu 5 tahun terakhir;
  2. Telah cukup umur (minimal 18 tahun);
  3. Mampu secara finansial;
  4. Berdomisili di Indonesia.

Memenuhi persyaratan di atas? Berikut adalah tahapan mendaftar haji non kuota:

1. Memperoleh Nomor Porsi Haji Non Kuota

Anda harus mengajukan permohonan kepada Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) untuk mendapatkan nomor porsi haji non kuota. Permohonan ini bisa diajukan secara online melalui website resmi Kemenag RI.

BACA JUGA:   Cara Membuat Surat Lamaran Panitia Petugas Ibadah Haji yang Baik

2. Melakukan Pendaftaran Haji Non Kuota

Setelah memperoleh nomor porsi haji non kuota, Anda dapat melakukan pendaftaran haji non kuota melalui travel haji non kuota yang terdaftar di Kementerian Agama RI. Pastikan Anda memilih travel haji non kuota yang terpercaya dan sudah memiliki izin dari Kementerian Agama RI.

3. Melakukan Verifikasi Data

Setelah melakukan pendaftaran, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi data dengan melampirkan beberapa dokumen seperti paspor, KTP, kartu keluarga, dan sebagainya. Pastikan data yang Anda masukkan sesuai dengan dokumen yang dilampirkan.

4. Pembayaran Haji Non Kuota

Setelah melakukan verifikasi data, Anda harus membayar biaya haji non kuota secara penuh. Biaya haji non kuota ini lebih mahal dibandingkan dengan biaya haji kuota. Namun, Anda akan mendapatkan kualitas pelayanan yang lebih baik dan jaminan akomodasi yang lebih baik pula.

5. Menghadiri Bimbingan Ibadah Haji Non Kuota

Sebelum berangkat, Anda akan diadakan bimbingan ibadah haji non kuota oleh travel haji non kuota yang Anda pilih. Bimbingan ini penting untuk mempersiapkan diri secara mental dan menyampaikan informasi penting terkait pelaksanaan haji non kuota.

Kesimpulan

Mendaftar haji non kuota memang tidak mudah, namun bila Anda sudah memenuhi persyaratan dan menyelesaikan tahapan yang dibutuhkan, Anda akan mendapatkan pengalaman haji yang lebih berkualitas. Pastikan Anda selalu berkomunikasi dengan travel haji non kuota yang dipilih dan mematuhi aturan-aturan yang berlaku saat melakukan haji non kuota. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mendaftar haji non kuota.