Skip to content
Home » Cara Daftar Haji Reguler 2019 di Kota Malang

Cara Daftar Haji Reguler 2019 di Kota Malang

Haji merupakan salah satu ibadah yang sangat diidamkan oleh umat muslim di seluruh dunia. Setiap tahunnya, jutaan umat muslim dari seluruh dunia berbondong-bondong menuju kota suci Mekah untuk menunaikan ibadah haji. Namun, untuk bisa menunaikan ibadah haji, tentunya ada proses pendaftaran yang harus dilakukan. Berikut adalah cara daftar haji reguler 2019 di Kota Malang yang harus diketahui oleh calon jamaah haji.

Persyaratan untuk Mendaftar Haji

Sebelum mendaftar haji, calon jamaah harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak Kementrian Agama. Beberapa persyaratan tersebut antara lain:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang beragama Islam
  • Usia minimal 18 tahun dan memiliki KTP elektronik (e-KTP)
  • Telah menunaikan ibadah umrah dengan biaya sendiri
  • Tidak memiliki hambatan medis yang melarang untuk menunaikan ibadah haji
  • Tidak sedang dalam masa haid atau nifas
  • Tidak sedang dalam masa hukuman pidana

Proses Pendaftaran Haji Reguler

Setelah calon jamaah memenuhi persyaratan untuk mendaftar haji, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran. Pendaftaran haji reguler pada tahun 2019 ini dilakukan melalui sistem daring yang dikelola oleh Kementerian Agama RI. Berikut adalah beberapa tahapan untuk mendaftar haji reguler:

1. Pembayaran Pendaftaran

Calon jamaah harus membayar biaya pendaftaran haji reguler sebesar Rp. 25 juta. Biaya ini merupakan biaya yang harus dibayar terlebih dahulu sebelum mendaftar. Pembayaran bisa dilakukan secara tunai atau transfer melalui bank yang telah ditentukan.

2. Pengisian Formulir

Setelah melakukan pembayaran, calon jamaah harus mengisi formulir pendaftaran secara online melalui website resmi Kementerian Agama. Pada saat mengisi formulir, calon jamaah harus melampirkan dokumen persyaratan seperti KTP, paspor, dan surat keterangan sehat.

BACA JUGA:   Menggapai Kemabruran Haji dan Umroh

3. Verifikasi Dokumen

Setelah mengisi formulir pendaftaran, dokumen yang telah dilampirkan akan diverifikasi oleh petugas haji. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua dokumen yang diperlukan telah lengkap dan sesuai dengan persyaratan.

4. Pelunasan Biaya Haji

Setelah dokumen telah diverifikasi, calon jamaah harus melunasi biaya haji secara lengkap. Biaya haji terdiri dari biaya transportasi, akomodasi, makan, dan katering selama tinggal di Mekah dan Madinah.

Kesimpulan

Demikianlah cara daftar haji reguler 2019 di Kota Malang yang harus diketahui oleh calon jamaah haji. Penting untuk diingat bahwa pendaftaran haji harus dilakukan dengan jujur dan benar, serta mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan oleh pihak Kementrian Agama. Dengan begitu, proses pendaftaran dan keterkaitan selama menunaikan ibadah haji akan berjalan dengan lancar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi calon jamaah haji yang sedang mencari informasi seputar cara daftar haji reguler.