Skip to content
Home » Cara Daftar Haji Tahun 2020

Cara Daftar Haji Tahun 2020

Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam, yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim yang mampu hingga sekali seumur hidupnya. Tahun ini, pendaftaran haji tahun 2020 sudah dibuka dan akan segera ditutup. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah haji tahun ini, segeralah mendaftar. Berikut adalah panduan cara mendaftar haji tahun 2020.

Persyaratan dan Ketentuan

Sebelum mendaftar, pastikan Anda memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Persyaratan utama adalah bahwa Anda harus muslim, berusia minimal 18 tahun, memiliki kesehatan yang baik, dan mampu secara finansial untuk menunaikan ibadah haji. Selain itu, ada beberapa dokumen penting yang harus disiapkan, seperti paspor dan surat keterangan sehat.

Langkah-langkah Pendaftaran

Langkah pertama dalam mendaftar haji adalah mengunjungi website resmi Kementerian Agama RI. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Login

Untuk melakukan pendaftaran, Anda harus login ke dalam sistem dengan menggunakan akun Sistem Informasi Pemantauan Jamaah Haji (Sipilhaj).

2. Isi Data Diri

Setelah login, Anda harus mengisi data diri dan data keluarga dengan benar dan lengkap. Pastikan informasi yang diisi seperti nomor KTP dan nomor paspor merupakan informasi yang valid.

3. Pembayaran

Setelah mengisi data diri, Anda harus melakukan pembayaran biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran untuk haji tahun 2020 adalah sebesar Rp 35.000.000,- dengan pembayaran bisa dilakukan melalui beberapa bank yang telah ditentukan oleh pemerintah.

4. Verifikasi Data

Setelah pembayaran dilakukan, Anda harus melakukan verifikasi data untuk mendapatkan nomor porsi haji. Jika semua data yang telah diinput benar dan valid, maka Anda akan diberikan nomor porsi haji.

BACA JUGA:   Laporan Penyelenggaraan Ibadah Haji

5. Pengambilan Visa

Setelah mendapatkan nomor porsi haji, Anda harus mengurus pengambilan visa ke Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi di Jakarta.

Penutup

Demikianlah panduan cara mendaftar haji tahun 2020. Pastikan Anda memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku, serta segera mendaftar sebelum pendaftaran ditutup. Semoga Anda dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar dan meraih berkah. Salam hormat kami, tim yang penuh semangat untuk membantu Anda!