Skip to content
Home » Cara Daftar Ibadah Haji

Cara Daftar Ibadah Haji

Haji adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Ibadah haji ini dapat dilakukan di Makkah dan sekitarnya setiap tahunnya. Untuk dapat melaksanakan ibadah haji, maka setiap calon haji diwajibkan mendaftar terlebih dahulu. Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang cara daftar ibadah haji.

Persyaratan Untuk Mendaftar

Untuk dapat mendaftar ibadah haji, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Syarat-syarat tersebut antara lain:

  1. Dapat membuktikan bahwa dirinya beragama Islam;
  2. Telah mencapai usia dewasa atau minimal 17 tahun;
  3. Telah memiliki KTP dan paspor yang masih berlaku;
  4. Merupakan penduduk negara Indonesia;
  5. Tidak memiliki masalah kesehatan yang bisa mengganggu perjalanan ibadah haji.

Tahapan Daftar Ibadah Haji

Tahapan daftar ibadah haji dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut secara cermat dan benar:

  1. Pertama, calon jemaah harus memilih travel umroh dan haji yang resmi dan terpercaya. Pastikan bahwa travel yang dipilih memiliki izin resmi dari Kementerian Agama.
  2. Setelah memilih travel umroh dan haji, calon jemaah harus membayar biaya mendaftar dan biaya lainnya yang harus dibayarkan.
  3. Kemudian, calon jemaah akan diberikan formulir pendaftaran oleh travel yang telah dipilih. Calon jemaah harus mengisi formulir dengan benar dan lengkap.
  4. Setelah calon jemaah mengisi formulir pendaftaran, kelengkapan administrasi seperti paspor, KTP, dan surat keterangan kesehatan harus disiapkan. Kelengkapan administrasi akan diminta untuk diverifikasi oleh travel umroh dan haji.
  5. Jika verifikasi administrasi calon jemaah telah selesai dan dinyatakan lolos, maka calon jemaah akan menerima surat pemberitahuan dari travel bahwa pendaftaran untuk ibadah haji telah diterima.
  6. Calon jemaah akan diminta untuk membayar biaya pelunasan keberangkatan paling lambat 1 bulan sebelum keberangkatan ibadah haji.
BACA JUGA:   Daftar Nama dan Tarif Travel Haji dan Umroh di Gresik

Kesimpulan

Demikianlah panduan tentang cara daftar ibadah haji. Selalu pastikan untuk memilih travel umroh dan haji yang resmi dan terpercaya untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan. Selain itu, ingat untuk memenuhi semua persyaratan daftar ibadah haji dengan benar dan tidak terburu-buru. Dengan begitu, calon jemaah akan bisa memiliki pengalaman ibadah haji yang lancar dan menyenangkan. Mari tingkatkan ibadah kita bersama!