Skip to content
Home » Cara Daftar Paspor Umrah Online

Cara Daftar Paspor Umrah Online

Jika Anda ingin melakukan ibadah umrah, maka Anda harus memiliki paspor umrah. Ada dua cara untuk membuat paspor umrah, yaitu secara offline dan online. Namun, membuat paspor umrah secara online sekarang lebih mudah dibandingkan dengan cara offline.

Berikut adalah panduan cara daftar paspor umrah online:

Langkah Pertama – Mendaftar Akun

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar akun di situs web Kementerian Agama Republik Indonesia. Pastikan Anda mencantumkan alamat email yang aktif dan nomor telepon yang bisa dihubungi karena nanti akan ada verifikasi melalui email dan SMS.

Langkah Kedua – Melengkapi Data Pribadi

Setelah mendaftar akun, langkah kedua adalah melengkapi data pribadi Anda. Di sini, Anda perlu memasukkan data pribadi seperti nama lengkap, nomor KTP atau paspor, tempat, dan tanggal lahir. Pastikan semua data yang dimasukkan benar dan sesuai dengan dokumen identitas yang Anda miliki.

Langkah Ketiga – Mengunggah Dokumen

Setelah melengkapi data pribadi, langkah selanjutnya adalah mengunggah dokumen identitas seperti KTP atau paspor. Pastikan dokumen yang diunggah jelas dan tidak kabur. Dokumen harus berformat JPG atau PNG dan ukuran file tidak lebih dari 1 MB.

Langkah Keempat – Memilih Agen Perjalanan

Langkah selanjutnya adalah memilih agen perjalanan yang akan menangani pendaftaran paspor umrah Anda. Pilihlah agen perjalanan yang tepercaya dan memiliki reputasi yang baik. Pastikan harga yang ditawarkan oleh agen perjalanan tersebut tidak terlalu mahal.

BACA JUGA:   Ini Dia Syarat-Syarat Badal Umiroh Yang Perlu Anda Ketahui!

Langkah Kelima – Membayar Biaya

Setelah memilih agen perjalanan, langkah selanjutnya adalah membayar biaya paspor umrah. Biaya paspor umrah tergantung pada agen perjalanan yang Anda pilih dan seberapa cepat prosesnya. Pastikan pembayaran yang Anda lakukan sesuai dengan informasi yang tersedia di situs web.

Langkah Keenam – Verifikasi

Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan kode booking. Gunakan kode tersebut untuk verifikasi paspor umrah di situs web. Pastikan data yang Anda masukkan sudah benar dan sesuai dengan dokumen identitas Anda.

Setelah melakukan verifikasi, tunggulah hingga proses penerbitan paspor umrah selesai. Biasanya proses ini memakan waktu 3-5 hari kerja. Setelah selesai, paspor umrah akan dikirimkan ke alamat yang Anda cantumkan saat pendaftaran.

Kesimpulan

Mendaftar paspor umrah online sangat mudah dan praktis. Hanya dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda sudah bisa memiliki paspor umrah dalam waktu singkat. Pastikan Anda memilih agen perjalanan yang tepercaya dan melakukan pembayaran yang tepat agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pendaftaran. Selamat mencoba!