Skip to content
Home » Cara dan Persyaratan Daftar Haji

Cara dan Persyaratan Daftar Haji

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang mampu baik dari segi fisik maupun finansial. Haji adalah ibadah yang dilakukan dengan berkunjung ke Baitullah di Makkah Al-Mukarramah, Arab Saudi untuk melaksanakan serangkaian ritual ibadah yang telah ditetapkan.

Persyaratan untuk Mendaftar Haji

Untuk bisa mendaftar haji, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon jamaah haji. Berikut ini adalah persyaratan untuk bisa mendaftar haji :

  1. Calon jamaah haji harus muslim dan berkewarganegaraan Indonesia.
  2. Calon jamaah haji harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 45 tahun.
  3. Calon jamaah haji harus sehat jasmani dan rohani.
  4. Calon jamaah haji sudah menyelesaikan pembayaran biaya haji.
  5. Calon jamaah haji sudah memiliki visa haji dari pemerintah Arab Saudi.
  6. Calon jamaah haji telah mengikuti penyuluhan dan pembekalan manasik haji.

Cara Mendaftar Haji

Mendaftar haji bisa dilakukan dengan cara online maupun offline melalui kantor-kantor perwakilan haji yang ada di daerah. Berikut ini adalah cara mendaftar haji :

  1. Melakukan pendaftaran secara online melalui website resmi Kementerian Agama.
  2. Mendaftar melalui petugas kecamatan atau kelurahan setempat.
  3. Mendaftar melalui biro travel yang terpercaya dan resmi.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai cara dan persyaratan mendaftar haji, calon jamaah haji dapat menghubungi kantor-kantor perwakilan haji yang terdekat atau mengunjungi website resmi Kementerian Agama.

Biaya Haji

Biaya haji dapat berbeda-beda setiap tahunnya. Untuk tahun ini, biaya haji ditetapkan sebesar Rp. 34,89 juta. Biaya ini sudah meliputi semua biaya untuk melaksanakan haji mulai dari transportasi, akomodasi, makan dan minum, serta serangkaian ritual ibadah.

BACA JUGA:   Urutan Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Haji Qiran Beserta Gambarnya

Pentingnya Mendaftar Haji

Mendaftar haji merupakan salah satu amalan yang sangat penting bagi umat Islam. Melalui ibadah ini, kita dapat menunaikan salah satu rukun Islam dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, melaksanakan haji juga dapat membuka kesempatan untuk memperoleh pengampunan dosa dan meningkatkan kadar iman serta taqwa kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Mendaftar haji adalah hal yang sangat penting bagi umat Islam. Sebelum mendaftar haji, kita harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan dan membayar biaya haji yang telah ditetapkan. Melalui mendaftar haji, kita dapat menunaikan salah satu rukun Islam dan memperoleh berbagai keberkahan serta rahmat dari Allah SWT. Oleh karena itu, jangan sampai kita melewatkan kesempatan untuk mendaftar haji apabila ada kesempatan.