Skip to content
Home » Cara dan Tips Mendaftar Haji Bagi yang Sudah Pernah Berangkat

Cara dan Tips Mendaftar Haji Bagi yang Sudah Pernah Berangkat

Mendaftar ibadah haji bukanlah hal yang mudah bagi para calon jemaah. Terlebih bagi yang sudah pernah melaksanakan haji sebelumnya. Namun, dengan beberapa tips dan rahasia yang kami bagikan di sini, Anda akan lebih mudah dalam mendaftarkan diri Anda.

Perbaiki Data Diri

Hal pertama yang harus dilakukan oleh calon jemaah yang sudah pernah berangkat ke Tanah Suci adalah memperbaiki data diri di Kementerian Agama. Pastikan bahwa data diri seperti NIK, paspor, KK, serta foto terbaru sudah terdaftar dengan benar dan jelas.

Mengikuti Penawaran Langsung

Cara termudah untuk mendaftar ibadah haji bagi calon jemaah yang sudah pernah berangkat adalah dengan mengikuti penawaran langsung dari Kementerian Agama. Calon jemaah akan mendapatkan nomor porsi yang lebih besar dan jadwal yang sesuai dengan keinginan. Selain itu, biaya pendaftaran juga bisa lebih murah.

Mendaftar Melalui Travel Resmi

Selain langsung melalui Kementerian Agama, calon jemaah yang sudah pernah berangkat juga bisa mendaftar melalui travel resmi yang terdaftar di Kementerian Agama. Pastikan travel tersebut sudah memiliki izin resmi dan sekitar sudah berpengalaman dalam mengatur jemaah untuk ke Tanah Suci.

Jangan Terburu-buru

Calon jemaah yang sudah pernah berangkat harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum mendaftar haji kembali. Jangan terburu-buru karena bisa saja terjadi kesalahan atau kerugian yang besar.

Mempersiapkan Kondisi Kesehatan

Sebelum mendaftar haji untuk kedua kalinya, pastikan kondisi kesehatan Anda benar-benar prima. Mengingat perjalanan ke Tanah Suci cukup melelahkan, kondisi kesehatan yang prima akan memudahkan Anda untuk melaksanakan ibadah dengan baik.

BACA JUGA:   Daftar Tunggu Haji Mendaftar Tahun 2017 di Mojokerto

Menjaga Kualitas Iman dan Taqwa

Terakhir, calon jemaah yang sudah pernah berangkat juga harus menjaga kualitas iman dan taqwa. Tanpa kualitas iman dan taqwa yang baik, haji tidak akan memiliki arti yang maksimal dan hanya menjadi perjalanan wisata biasa.

Dengan menerapkan beberapa tips dan rahasia di atas, calon jemaah yang sudah pernah berangkat akan lebih mudah dalam mendaftarkan diri untuk melaksanakan ibadah haji. Hati-hati dalam memilih travel resmi dan pastikan kondisi kesehatan benar-benar prima. Semoga Allah memberikan kemudahan dan kelancaran bagi Anda yang hendak mendaftar haji.