Skip to content
Home » Cara Mendaftar Haji di Kemenag

Cara Mendaftar Haji di Kemenag

Bagi umat muslim di Indonesia, melaksanakan ibadah haji adalah impian yang sangat diidamkan. Haji menjadi salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan setidaknya sekali seumur hidup oleh orang yang mampu secara finansial dan fisik. Namun, untuk bisa berangkat haji, salah satu persyaratannya adalah mendaftar pada Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag). Nah, dalam artikel ini, saya akan mengulas tentang cara mendaftar haji di Kemenag.

Persyaratan Mendaftar Haji

Sebelum membahas langkah-langkah mendaftar haji, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon jamaah haji. Beberapa persyaratan tersebut di antaranya:

  1. Sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).
  2. Sudah berusia minimal 17 tahun.
  3. Belum pernah menunaikan ibadah haji sebelumnya.
  4. Memiliki jaminan keuangan yang cukup untuk menunaikan ibadah haji.

Cara Mendaftar Haji

Setelah memenuhi persyaratan di atas, calon jamaah haji dapat mendaftar melalui beberapa cara, yaitu sebagai berikut:

1. Melalui Kantor Urusan Agama (KUA)

Calon jamaah haji dapat mendaftar haji melalui KUA setempat dengan membawa persyaratan-persyaratan yang telah disebutkan di atas. Pendaftaran melalui KUA biasanya dibuka pada bulan-bulan tertentu setiap tahunnya.

2. Melalui Online

Kemenag juga menyediakan layanan pendaftaran haji online yang dapat diakses melalui website resmi Kemenag. Caranya cukup mudah, calon jamaah haji hanya perlu melakukan registrasi dan mengisi data-data diri yang diperlukan. Kemudian, calon jamaah haji harus melakukan verifikasi dokumen di KUA setempat dan membayar biaya pelunasan.

3. Melalui BPIH

BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) merupakan biaya yang ditetapkan atas pelaksanaan haji oleh Pemerintah Arab Saudi. Calon jamaah haji juga bisa mendaftar melalui BPIH dengan membayar biaya pendaftaran sesuai dengan harga yang telah ditetapkan oleh Kemenag.

BACA JUGA:   Daftar Nama Calon Jamaah Haji Reguler Tahun Keberangkatan 2019

Biaya Pendaftaran Haji

Biaya pendaftaran haji dapat bervariasi setiap tahunnya. Biasanya, biaya pendaftaran haji ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi dan Kemenag sebagai penyelenggara haji di Indonesia hanya menetapkan biaya administrasi pendaftaran.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa cara mendaftar haji di Kemenag. Jika kamu ingin menunaikan ibadah haji, pastikan kamu memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan. Selain itu, pilihlah cara pendaftaran yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhanmu. Tentunya, jangan lupa untuk mempersiapkan diri secara fisik dan finansial agar bisa menunaikan ibadah haji dengan tenang dan khusyu. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu yang ingin mendaftar haji.