Skip to content
Home » Cara Mendaftar Haji Khusus

Cara Mendaftar Haji Khusus

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang mampu. Haji khusus atau biasa disebut dengan haji ongkos sendiri adalah haji yang dilakukan dengan biaya sendiri tanpa adanya subsidi dari pemerintah. Bagi yang ingin mendaftar haji khusus, berikut adalah tahapan-tahapannya.

Mengurus Paspor

Langkah pertama untuk mendaftar haji khusus adalah mengurus paspor. Paspor diperlukan untuk keperluan perjalanan ke luar negeri. Untuk mengurus paspor, calon jamaah harus datang ke Kantor Imigrasi di daerahnya dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan seperti kartu keluarga, KTP, surat nikah, dan sebagainya. Setelah semua persyaratan terpenuhi, paspor akan diterbitkan dalam waktu kurang lebih 7 hari kerja.

Mendaftar ke Biro Perjalanan Haji

Selanjutnya, calon jamaah harus mendaftar ke biro perjalanan haji yang terpercaya. Biro perjalanan haji akan membantu calon jamaah dalam mengurus segala hal yang dibutuhkan di dalam negeri dan di Arab Saudi selama menjalankan ibadah haji. Calon jamaah harus memilih biro perjalanan haji yang sudah terdaftar di Kementerian Agama dan sudah memiliki izin dari Arab Saudi.

Membayar Uang Pendaftaran

Setelah mendaftar ke biro perjalanan haji, calon jamaah harus membayar uang pendaftaran. Besarnya uang pendaftaran bervariasi tergantung dari biro perjalanan haji yang dipilih dan jenis akomodasi selama menjalankan ibadah haji.

Melunasi Biaya Haji

Setelah uang pendaftaran dibayarkan, calon jamaah harus melunasi seluruh biaya haji. Biaya haji terdiri dari biaya transportasi, akomodasi, dan pengeluaran selama di Tanah Suci. Besarnya biaya haji bervariasi tergantung dari jenis akomodasi dan jenis paket yang dipilih.

BACA JUGA:   Haji Pendaftaran Kompasiana

Mengurus Surat Keterangan Kesehatan

Sebagai persyaratan untuk mendapatkan visa dan terbang ke Arab Saudi, calon jamaah harus mengurus Surat Keterangan Kesehatan. Surat Keterangan Kesehatan dapat diperoleh dengan melakukan pemeriksaan kesehatan di klinik atau rumah sakit yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan. Calon jamaah harus memastikan bahwa kondisi kesehatannya memenuhi syarat untuk melakukan ibadah haji.

Memperoleh Visa Haji

Setelah semua persyaratan terpenuhi, calon jamaah akan memperoleh visa haji. Visa haji diterbitkan oleh pihak Arab Saudi dan biasanya diterima oleh calon jamaah sekitar 1-2 minggu sebelum keberangkatan. Calon jamaah harus memastikan bahwa visa haji sudah diterima dan membawa dokumen persyaratan saat keberangkatan.

Kesimpulan

Mendaftar haji khusus dapat dilakukan dengan mengikuti tahapan-tahapan yang telah dijelaskan di atas. Calon jamaah harus memastikan bahwa proses pendaftaran dan seluruh persyaratan terpenuhi dengan baik. Selamat menjalankan ibadah haji!