Skip to content
Home » Cara Mendaftar Haji Solo

Cara Mendaftar Haji Solo

Banyak umat Muslim di Indonesia yang ingin menunaikan ibadah haji ke Mekah. Namun, untuk bisa mendaftar haji, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Salah satu daerah yang banyak diincar untuk mendaftar haji adalah Solo. Nah, kali ini kita akan membahas cara mendaftar haji Solo dengan lengkap dan jelas.

Persyaratan Mendaftar Haji Solo

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar haji Solo, yaitu:

  1. Sudah berusia minimal 21 tahun
  2. Beragama Islam
  3. Belum pernah menunaikan ibadah haji sebelumnya
  4. Memiliki paspor yang masih berlaku minimal 18 bulan saat pendaftaran
  5. Mampu kembali ke Indonesia setelah menunaikan ibadah haji
  6. Tidak dalam kondisi hamil atau menyusui
  7. Sehat jasmani dan rohani
  8. Memiliki KTP dan KK Solo

Tahapan Mendaftar Haji Solo

Setelah memenuhi persyaratan di atas, berikut adalah tahapan mendaftar haji Solo:

1. Pendaftaran Awal

Pendaftaran awal dilakukan secara online melalui website Resmi Kementerian Agama RI pada awal Februari hingga akhir Maret. Calon jamaah harus mengisi formulir dan melampirkan berbagai persyaratan yang diminta, antara lain pas foto, fotokopi KTP, paspor, dan Kartu Keluarga (KK). Setelah selesai, calon jamaah akan menerima nomor registrasi.

2. Verifikasi Berkas

Setelah mendaftar, calon jamaah harus mengikuti verifikasi berkas. Calon jamaah harus mengumpulkan berkas-berkas yang diminta dan melakukan verifikasi ke kantor Kementerian Agama di wilayahnya masing-masing. Berikut adalah beberapa dokumen yang harus disiapkan:

  1. Surat Keterangan Sehat dari dokter
  2. Surat Keterangan Bebas Narkotika dan Zat Adiktif dari Rumah Sakit Jiwa
  3. Surat Keterangan Bebas Tuberkulosis (TB) dari dokter
  4. Surat Pernyataan tidak sedang hamil atau menyusui
BACA JUGA:   Bisa Atau Tidak? Pahami Syarat Naik Haji Bagi Remaja 17 Tahun

3. Pembayaran Awal

Setelah berkas dinyatakan lengkap dan diterima oleh Kementerian Agama, calon jamaah harus membayar uang muka sebesar Rp 25 juta. Pembayaran bisa dilakukan di Bank Mandiri, BNI, BRI, atau BTN. Calon jamaah harus menyimpan bukti pembayaran dan melaporkannya ke Kementerian Agama.

4. Pembekalan

Sebelum keberangkatan, calon jamaah akan mengikuti pembekalan. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan calon jamaah sebelum melakukan ibadah haji. Pembekalan dilakukan di asrama haji di Solo.

5. Keberangkatan

Setelah selesai mengikuti pembekalan, calon jamaah akan diberangkatkan ke Madinah pada tanggal yang telah ditentukan. Pada saat keberangkatan, calon jamaah harus membawa paspor dan berkas-berkas yang sudah diverifikasi serta bukti pembayaran. Setelah tiba di Madinah, calon jamaah akan menginap beberapa hari untuk berziarah ke makam Rasulullah SAW dan beberapa tempat ibadah lainnya sebelum menuju Mekah untuk menunaikan ibadah haji.

Kesimpulan

Itulah cara mendaftar haji Solo yang harus diketahui oleh calon jamaah. Jangan lupa untuk memenuhi persyaratan dan mengikuti tahapan yang sudah ditentukan oleh Kementerian Agama. Setelah menyelesaikan semua tahapan, calon jamaah siap untuk menunaikan ibadah haji dan melakukan rangkaian kegiatan religius yang tak terlupakan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mendaftar haji di Solo.