Skip to content
Home » Cara Mendaftar Haji Wilayah Jakarta Utara

Cara Mendaftar Haji Wilayah Jakarta Utara

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat Islam. Bagi penduduk Jakarta Utara, ada beberapa tahapan yang harus dilalui agar dapat mendaftar haji dengan lancar. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

1. Mendaftar di Kantor Kementerian Agama

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunjungi Kantor Kementerian Agama di wilayah Jakarta Utara. Di sana, Anda akan diinstruksikan untuk mengisi formulir dan memberikan dokumen-dokumen penting seperti fotokopi KTP, fotokopi akta kelahiran, dan fotokopi bukti pembayaran.

2. Pembayaran Awal

Setelah berhasil mendaftar di Kantor Kementerian Agama, Anda perlu membayar sejumlah uang sebagai tanda jadi. Jumlah ini berbeda-beda setiap tahunnya dan biasanya diumumkan sekitar bulan Januari atau Februari. Anda juga harus menyiapkan bukti pembayaran yang akan Anda serahkan kepada petugas.

3. Pemeriksaan Kesehatan

Setelah mengikuti pembayaran awal, Anda akan diminta untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda dan apakah Anda memenuhi syarat untuk melakukan ibadah haji. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan di rumah sakit atau klinik terdekat.

4. Seleksi Kloter

Setelah Anda lolos dalam pemeriksaan kesehatan, Anda akan masuk dalam seleksi kloter. Seleksi kloter dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama dan bersifat acak. Jika Anda beruntung, Anda akan masuk ke dalam kloter pertama dan dapat segera berangkat ke tanah suci. Namun, jika Anda melalui kloter kedua atau ketiga, Anda perlu bersabar karena harus menunggu hingga kloter tersebut dipanggil untuk berangkat.

5. Berangkat ke Tanah Suci

Setelah melalui tahapan-tahapan di atas, Anda akan memperoleh visa dan tiket serta dilengkapi dengan buku panduan ibadah haji. Anda dapat mempersiapkan diri dan mengepak barang bawaan sebelum hari keberangkatan tiba. Pada hari keberangkatan, Anda dan anggota kloter akan berkumpul di kediaman yang telah ditentukan sebelumnya dan selanjutnya berangkat menuju Bandara Soekarno-Hatta.

BACA JUGA:   Pendaftaran Haji untuk Pembimbing

Demikianlah cara mendaftar haji wilayah Jakarta Utara. Selamat mencoba dan semoga ibadah haji Anda diterima oleh Allah SWT.