Skip to content
Home » Cara Mendaftar Naik Haji ke Baitullah yang Mudah dan Praktis

Cara Mendaftar Naik Haji ke Baitullah yang Mudah dan Praktis

Mendaftar naik haji ke baitullah merupakan impian setiap umat muslim di seluruh dunia. Namun, seringkali banyak orang yang kesulitan dalam tahapan pendaftaran haji. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, saya akan membahas cara mendaftar naik haji ke baitullah dengan mudah dan praktis.

Persyaratan Pendaftaran Haji

Sebelum mendaftar naik haji, tentu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu, yaitu:

  • Telah berusia minimal 18 tahun
  • Beragama Islam
  • Tidak memiliki harta yang dimiliki selain kebutuhan pokok
  • Mampu berbahasa Arab atau menggunakan bahasa Inggris atau Indonesia yang baik dan benar
  • Memiliki kesehatan yang memadai untuk menjalankan ibadah haji
  • Tidak sedang dalam kondisi hamil atau menyusui

Untuk memastikan bahwa syarat-syarat di atas sudah terpenuhi, peserta haji harus meminta surat keterangan sehat dari dokter serta melengkapi berbagai surat lainnya seperti surat pernyataan menjadi muslim, surat nikah, dan lain sebagainya.

Langkah-Langkah Mendaftar Haji

Setelah persyaratan-persyaratan di atas terpenuhi, selanjutnya adalah tahapan pendaftaran haji. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Mendaftarkan diri ke kantor haji terdekat dengan membawa berbagai persyaratan yang dibutuhkan seperti paspor, KTP, serta berbagai surat lainnya. Pastikan di kantor haji yang anda datangi sudah resmi dan terdaftar pada pemerintah.
  2. Mendaftarkan diri melalui situs resmi pemerintah melalui website visa.saudiembassy.net. Setelah mendaftar, persiapkan paspor serta bukti pembayaran yang diperlukan sebagai syarat mendaftar haji.
  3. Selanjutnya, peserta harus mendapatkan nomor porsi dari kementerian agama melalui kantor wilayah setempat.
  4. Setelah mendapatkan nomor porsi, peserta harus mendaftar ulang melalui sistem pelayanan terpadu haji (sistah) sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
  5. Setelah berhasil mendaftar ulang, peserta akan mendapatkan dokumen perjalanan haji atau paspor haji.
BACA JUGA:   Daftar Nama Calon Jamaah Haji 2022 Jawa Timur

Biaya Pendaftaran Haji

Biaya pendaftaran haji tidak dapat diprediksi secara pasti karena berubah-ubah setiap tahunnya. Biaya tersebut tergantung pada kebijakan pemerintah Arab Saudi dan juga pemerintah Indonesia.

Untuk tahun 2021, biaya pendaftaran haji mencapai sekitar 35 juta rupiah. Hal ini sudah termasuk biaya transportasi, akomodasi, dan layanan lainnya yang dibutuhkan selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

Kesimpulan

Mendaftar naik haji ke baitullah memang bukanlah hal yang mudah, namun dengan mengetahui tahapan-tahapan yang harus dilakukan dan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, prosesnya dapat berjalan dengan lebih mudah dan praktis.

Pastikan untuk melakukan pendaftaran di kantor haji terdekat atau melalui situs resmi pemerintah dengan mengikuti tahapan yang telah ditentukan. Selain itu, pastikan juga bahwa anda telah memenuhi persyaratan haji sebelum melangkah ke tahap pendaftaran. Dengan demikian, impian besar anda untuk menunaikan ibadah haji dapat terwujud dengan lancar dan sukses.