Skip to content
Home » Cara Mendoakan Orang yang Berangkat Naik Haji

Cara Mendoakan Orang yang Berangkat Naik Haji

Haji merupakan salah satu ibadah yang paling diidamkan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Ibadah haji dilakukan dengan pergi ke Tanah Suci dan melaksanakan rangkaian ibadah sesuai dengan tuntunan agama. Tidak semua orang berkesempatan untuk melaksanakan ibadah haji ini, karena di antaranya terkendala oleh faktor biaya maupun kesehatan. Oleh karena itu, bagi kita yang tidak berangkat ke Tanah Suci, kita dapat mendapatkan pahala dengan mendoakan mereka yang berangkat naik haji.

Berikut adalah cara mudah dan baik untuk mendoakan mereka yang berangkat naik haji:

1. Berdoa dengan Ikhlas dan Khusyuk

Dalam mendoakan orang yang berangkat naik haji, kita harus memulai dengan doa yang ikhlas dan khusyuk. Hal ini karena keikhlasan dan ketulusan kita sebagai doaer dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan doa tersebut. Maka, sebelum berdoa, perbanyak lah istighfar, membaca ayat suci Al-Qur’an dan berzikir agar hati kita menjadi lebih lembut dan tulus.

2. Memperbanyak Doa Perlindungan

Ketika orang berangkat naik haji, mereka akan menjalankan berbagai macam ibadah yang cukup berat menjelang hari-hari akhir. Oleh karena itu, kita perlu memperbanyak doa perlindungan pada waktu-waktu bahaya seperti naik transportasi umum, melakukan thawaf, dan menjalankan sa’i di lembah Mina. Doa perlindungan seperti "A’udzubillahiminas Syaithanirrajim" atau "Bismillahitawakaltualallah" sangat dianjurkan untuk diucapkan.

3. Mendoakan Kehidupan Mereka Setelah Kembali Dari Haji

Ketika orang kita kembali dari Tanah Suci setelah melaksanakan ibadah haji, mereka akan dihadapkan dengan kehidupan sehari-hari yang baru. Kehidupan yang lebih penuh dengan tantangan. Oleh karena itu, kita harus ikut mendoakan dan memohonkan perlindungan kepada Allah untuk kelancaran hidup mereka setelah kembali dari Tanah Suci.

BACA JUGA:   DOA ORANG YANG MAU HAJI

4. Menyertakan Doa Untuk Keluarga dan Orang Terdekat Mereka

Ketika kita mendoakan orang yang berangkat naik haji, jangan lupa untuk menyertakan doa untuk keluarga dan orang terdekat mereka juga. Karena keluarga dan orang terdekat adalah orang yang paling kita cintai dan kita harapkan agar diberikan perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT.

5. Memohonkan ampun atas dosa dan kesalahan mereka

Setiap manusia pasti memiliki dosa dan kesalahan. Oleh karena itu, kita dapat memohonkan ampun atas segala dosa dan kesalahan mereka kepada Allah SWT. Memohonkan ampunan kepada Allah SWT dalam mendoakan orang yang berangkat naik haji merupakan bentuk pengakuan dosa dan kesalahan yang menjadi pintu masuk untuk mendapat rahmat dan ampunan-Nya.

Dengan mendoakan orang yang berangkat naik haji, kita turut berpartisipasi dalam kebaikan dan mendapatkan pahala yang besar. Semoga kita dapat menjadi orang yang selalu mengingat kebaikan dan keberkahan dari berdoa kepada-Nya. Aamiin.