Skip to content
Home » Cara Mengetahui Apakah Ibadah Haji Kita Diterima Atau Tidak: 8 Ciri-ciri Penting Yang Harus Diperhatikan

Cara Mengetahui Apakah Ibadah Haji Kita Diterima Atau Tidak: 8 Ciri-ciri Penting Yang Harus Diperhatikan

Apa ciri ciri ibadah haji yang diterima?

Apa Ciri-Ciri Ibadah Haji yang Diterima?

Haji adalah salah satu rukun dalam agama Islam yang wajib dijalankan oleh umat Muslim. Ibadah haji merupakan sebuah amalan ibadah yang diberikan oleh Allah SWT untuk para hambaNya. Oleh karena itu, untuk menjalankan ibadah haji dengan benar dan sesuai dengan syariat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berdasarkan hadits, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa ciri-ciri haji mabrur terdiri dari tiga hal. Apa saja itu? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Santun Dalam Bertutur Kata

Menjalankan ibadah haji dengan baik harus didukung oleh santun bertutur kata. Dengan kata lain, para jamaah haji harus menghindari dari perkataan yang kasar dan tidak sopan. Bahkan, Rasulullah SAW menyatakan bahwa seseorang yang menjalankan ibadah haji dengan lancar dan santun dalam bertutur kata, maka akan mendapatkan pahala yang besar.

Menebarkan Kedamaian

Selain santun bertutur kata, Rasulullah SAW juga menyebutkan bahwa ibadah haji mabrur adalah ibadah yang dilakukan dengan menebarkan kedamaian. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti saling menghormati dan berbagi kebaikan sesama hamba Allah. Dengan begitu, seorang jamaah haji dapat memperoleh pahala yang besar dari Allah SWT.

Memiliki Kepedulian Sosial Terhadap Sesama

Ketiga, Rasulullah SAW menegaskan bahwa ibadah haji yang diterima adalah ibadah yang dilakukan dengan memiliki kepedulian sosial terhadap sesama. Dengan kata lain, para jamaah haji harus rajin berbuat baik kepada orang lain. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menyumbangkan uang, makanan, dan barang kepada orang yang tidak mampu, serta membantu orang yang sedang dalam kesulitan.

BACA JUGA:   Proses Ibadah Haji: Beribadah di Tanah Suci

Dengan memahami ciri-ciri ibadah haji yang diterima, diharapkan para jamaah haji dapat meningkatkan kualitas ibadah haji yang mereka lakukan. Dengan begitu, maka ibadah haji dapat menjadi ibadah yang mabrur dan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Semoga dengan memahami dan menerapkan ciri-ciri ibadah haji yang diterima, para jamaah haji dapat meningkatkan kualitas ibadah hajinya. Amin.