Skip to content
Home » Cara mengetahui kapan berangkat haji?

Cara mengetahui kapan berangkat haji?

Cara mengetahui kapan berangkat haji?

Cara Mengetahui Kapan Berangkat Haji 2023

Haji adalah salah satu ibadah yang dapat dilakukan oleh setiap muslim yang mampu dan berkemampuan. Sebelum melakukan ibadah haji, para jamaah harus mengetahui kapan mereka berangkat, hal ini berkaitan dengan nomor porsi haji yang harus diperhatikan. Setiap tahunnya, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) mengeluarkan informasi mengenai kapan jamaah haji akan berangkat. Berikut adalah cara mudah untuk mengetahui kapan jamaah haji berangkat pada tahun 2023.

Cek Nomor Porsi Haji 2023 melalui Laman Kemenag

Para jamaah haji atau calon jamaah haji yang ingin mengetahui kapan mereka akan berangkat ke tanah suci, dapat memeriksa informasi tersebut melalui laman Kemenag.

Untuk memulai proses pemeriksaan, para jamaah harus membuka situs https://haji.kemenag.go.id/v4/ terlebih dahulu. Kemudian, gulir halaman ke bawah sampai temukan bagian ‘Perkiraan Berangkat’.

Setelah menemukan bagian ‘Perkiraan Berangkat’, pilih tahun 2023. Kemudian, para jamaah akan dibawa ke halaman yang berisi daftar nomor porsi haji 2023.

Di halaman tersebut, para jamaah dapat mencari nomor porsi haji yang mereka miliki. Nomor porsi haji tersebut berisi informasi mengenai tanggal berangkat haji yang akan datang.

Cek Nomor Porsi Haji 2023 melalui Aplikasi Pusaka

Selain melalui laman Kemenag, para jamaah haji atau calon jamaah haji juga dapat melakukan pemeriksaan nomor porsi haji 2023 melalui aplikasi Pusaka.

Untuk memulai proses pemeriksaan, para jamaah harus mengunduh aplikasi Pusaka di Google Playstore atau App Store terlebih dahulu. Setelah berhasil mengunduh aplikasi, buka aplikasi Pusaka.

BACA JUGA:   Presiden Soeharto Menuju Makkah Menunaikan Ibadah Haji

Kemudian, pilih menu ‘Haji & Umroh’. Di menu tersebut, para jamaah akan dibawa ke halaman yang berisi daftar nomor porsi haji 2023.

Di halaman tersebut, para jamaah dapat mencari nomor porsi haji yang mereka miliki. Nomor porsi haji tersebut berisi informasi mengenai tanggal berangkat haji yang akan datang.

Cek Nomor Porsi Haji 2023 melalui Call Center Kemenag

Selain melalui laman Kemenag atau aplikasi Pusaka, para jamaah haji atau calon jamaah haji juga dapat melakukan pemeriksaan nomor porsi haji 2023 melalui call center Kemenag.

Untuk memulai proses pemeriksaan, para jamaah harus menghubungi nomor call center Kemenag di 021-2553-9595 atau 021-2553-9404. Jika sudah terhubung, para jamaah haji dapat menanyakan informasi mengenai nomor porsi haji 2023.

Para jamaah akan diberikan nomor porsi haji oleh operator call center. Nomor porsi haji tersebut berisi informasi mengenai tanggal berangkat haji yang akan datang.

Kesimpulan

Para jamaah haji atau calon jamaah haji yang ingin mengetahui kapan mereka akan berangkat ke tanah suci, dapat memeriksa nomor porsi haji 2023 melalui laman Kemenag, aplikasi Pusaka, atau call center Kemenag. Setiap cara memiliki kemudahan tersendiri. Dengan memeriksa nomor porsi haji 2023, para jamaah akan dapat mengetahui tanggal berangkat haji yang akan datang.

FAQ

Q: Apa itu Haji?
A: Haji adalah ibadah yang dilakukan oleh setiap muslim yang mampu dan berkemampuan.

Q: Bagaimana cara mengetahui kapan berangkat haji 2023?
A: Para jamaah haji atau calon jamaah haji yang ingin mengetahui kapan mereka akan berangkat ke tanah suci, dapat memeriksa nomor porsi haji 2023 melalui laman Kemenag, aplikasi Pusaka, atau call center Kemenag.

BACA JUGA:   Daftar Nama Calon Jamaah Haji Kabupaten Tulungagung 2018

Q: Apa saja yang termuat dalam nomor porsi haji?
A: Nomor porsi haji berisi informasi mengenai tanggal berangkat haji yang akan datang.

Q: Bagaimana cara mengakses laman Kemenag?
A: Para jamaah harus membuka situs https://haji.kemenag.go.id/v4/ terlebih dahulu untuk memulai proses pemeriksaan.

Q: Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk ikut Haji?
A: Syarat yang harus dipenuhi untuk ikut Haji adalah usia minimal 12 tahun, sehat jasmani dan rohani, dan mampu secara finansial.