Skip to content
Home » Cara Mudah Daftar Haji

Cara Mudah Daftar Haji

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang mampu dan belum pernah melakukannya sebelumnya. Namun, proses pendaftaran haji tidaklah mudah. Banyak calon jamaah haji yang tidak tahu bagaimana cara mendaftar haji. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas cara mudah daftar haji.

Persyaratan

Sebelum memulai proses pendaftaran haji, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon jamaah haji. Berikut adalah persyaratan tersebut:

  1. Telah mempunyai KTP elektronik (e-KTP).
  2. Telah berusia di atas 18 tahun saat mendaftar.
  3. Telah melunasi biaya pendaftaran haji.
  4. Telah memiliki izin dari keluarga untuk melaksanakan ibadah haji.
  5. Tidak sedang dalam keadaan hamil atau menyusui.

Langkah-langkah Pendaftaran

Setelah memenuhi persyaratan di atas, calon jamaah haji dapat melanjutkan ke proses pendaftaran. Berikut adalah cara mudah daftar haji:

  1. Mengakses situs resmi Kementerian Agama RI.
  2. Mencari dan mengklik tautan pendaftaran haji.
  3. Melengkapi formulir pendaftaran haji yang tersedia.
  4. Menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti fotokopi KTP, paspor, dan dokumen kesehatan.
  5. Melunasi biaya pendaftaran haji.

Setelah selesai mengikuti langkah-langkah di atas, calon jamaah haji akan mendapatkan nomor porsi untuk pelaksanaan ibadah haji.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran haji dapat berbeda-beda tergantung pada jenis paket haji yang dipilih. Biasanya, biaya pendaftaran haji berkisar antara 30 hingga 50 juta rupiah.

Tahapan Pelaksanaan Ibadah Haji

Setelah mendapatkan nomor porsi, calon jamaah haji dapat memulai persiapan untuk pelaksanaan ibadah haji. Tahapan-tahapan pelaksanaan ibadah haji adalah sebagai berikut:

  1. Thawaf di Ka’bah.
  2. Sa’i antara bukit Safa dan Marwah.
  3. Wukuf di Arafah.
  4. Berjalan-jalan di Muzdalifah dan Mina.
  5. Membuang jumrah di Jamarat.
BACA JUGA:   Kepmenkes: Penyelenggaraan Ibadah Haji yang Aman dan Sehat

Kesimpulan

Demikianlah cara mudah daftar haji. Proses pendaftaran haji memang cukup rumit dan membutuhkan persiapan yang matang. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, calon jamaah haji dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan aman. Jangan lupa bahwa ibadah haji bukanlah sekadar upaya personal untuk melakukan perjalanan ke Mekah dan kembali dengan status haji, tetapi juga harus berupaya untuk memperdalam keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.