Skip to content
Home » Cara Mudah Mengetahui Jadwal Keberangkatan Haji Anda dengan Membuka Link Resmi Kemenag

Cara Mudah Mengetahui Jadwal Keberangkatan Haji Anda dengan Membuka Link Resmi Kemenag

Cara Mudah Mengetahui Jadwal Keberangkatan Haji Anda dengan Membuka Link Resmi Kemenag

Cara mengetahui kapan berangkat haji?

Momen berangkat haji adalah momen yang dinanti-nanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Rangkaian ritual ibadah haji, dari thawaf hingga wukuf di Arafah, tentu saja menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Namun, sebelum itu, ada berbagai persiapan yang harus dilakukan, salah satunya adalah mengetahui kapan kita berangkat haji. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengetahui perkiraan keberangkatan untuk haji, mulai dari langkah-langkah awal hingga cara penggunaan platform Kementerian Agama.

Langkah pertama: Mendaftar haji

Sebelum kita membicarakan cara mengetahui perkiraan keberangkatan untuk haji, yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah mendaftar haji. Pendaftaran haji dapat dilakukan melalui kantor wilayah Kementerian Agama setempat atau lewat bank-bank resmi yang bekerja sama dengan pemerintah. Setelah mendaftar, Anda akan menerima bukti setoran awal yang mencantumkan nomor porsi haji Anda.

Langkah kedua: Mengecek nomor porsi haji

Nomor porsi haji adalah nomor yang digunakan untuk identifikasi jamaah haji dan dapat digunakan untuk mengecek jadwal keberangkatan. Untuk mengetahui nomor porsi haji, pertama-tama buka bukti setoran awal yang Anda dapatkan saat mendaftar haji di bank. Nomor porsi ini berada di bagian atas bukti dan biasanya terdiri dari beberapa angka.

Langkah ketiga: Masuk ke halaman haji.kemenag.go.id

Setelah mengetahui nomor porsi haji, langkah selanjutnya adalah masuk ke halaman haji.kemenag.go.id. Halaman ini adalah situs resmi Kementerian Agama yang berisi informasi terkait haji, termasuk perkiraan jadwal keberangkatan sesuai nomor porsi.

BACA JUGA:   Harga Buku Panduan Doa Haji: Panduan Lengkap Mengenai Haji

Langkah keempat: Masukkan nomor porsi haji

Setelah masuk ke halaman haji.kemenag.go.id, cari dan klik tombol “Pendaftaran dan Informasi haji”. Setelah itu, pilih “Periksa Porsi” dan masukkan nomor porsi haji Anda. Setelah Anda memasukkan nomor porsi, Anda bisa mengecek perkiraan jadwal keberangkatan sesuai nomor porsi.

Cara alternatif: Melalui aplikasi Kemenag

Selain melalui halaman haji.kemenag.go.id, kita juga dapat menggunakan aplikasi Kemenag untuk mengecek perkiraan jadwal keberangkatan. Aplikasi ini dapat diunduh dan diinstal pada perangkat smartphone dan tersedia untuk pengguna Android dan iOS. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, Anda dapat masuk dengan nomor porsi haji dan mengecek jadwal keberangkatan.

Kesimpulan

Mengetahui perkiraan keberangkatan untuk haji merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh setiap jamaah haji. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan cara mengetahui perkiraan keberangkatan dengan nomor porsi haji melalui situs resmi Kementerian Agama atau aplikasi Kemenag. Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik dan melakukan segala persiapan yang diperlukan untuk ibadah haji yang aman dan nyaman. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat bagi Anda.