Skip to content
Home » Cara Mudah Mengucapkan Doa Supaya Bisa Naik Haji Setiap Tahun

Cara Mudah Mengucapkan Doa Supaya Bisa Naik Haji Setiap Tahun

Mengucapkan doa agar bisa naik haji tiap tahun adalah keinginan banyak umat Islam di seluruh dunia. Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Tidak sedikit umat Islam yang bermimpi untuk bisa melaksanakan ibadah haji secara rutin tiap tahun. Namun, karena keterbatasan finansial dan kuota haji yang terbatas, tidak semua umat Islam bisa mewujudkan mimpi tersebut. Sebagai solusinya, umat Islam bisa membaca doa agar bisa naik haji tiap tahun. Berikut adalah cara mudah mengucapkan doa tersebut:

Persiapan Sederhana Sebelum Mengucapkan Doa

Sebelum mengucapkan doa agar bisa naik haji tiap tahun, ada beberapa persiapan sederhana yang perlu dilakukan. Pertama, carilah tempat yang tenang dan nyaman untuk berdoa. Kedua, lakukan shalat sunnah atau bacaan Al-Qur’an terlebih dahulu agar hati menjadi lebih tenang dan khusyuk saat mengucapkan doa. Ketiga, pastikan diri sudah bersih dan berwudhu agar doa yang diucapkan lebih diterima oleh Allah SWT.

Mengucapkan Doa Supaya Bisa Naik Haji Setiap Tahun

Berikut adalah doa agar bisa naik haji tiap tahun:

"Allahumma inni as’aluka fee hathal hajji an yakoona mabrooran wa mahbooban wa shaakiran ilaika wa sa’yyian fin-nas wa makhfiyyan ‘an-innas. Wa an yakoona fee hathal hajji tasdiqun li-al-ahadeethi wal-Aathaar, wa muhaafatan li-al-jam’i, wa ri’fa ‘adwaaya, wa ta’qeel reeqi, wa mashkuran ni’im al-Islam wa-al-Hajji. Allahumma taqabbal minna hajjana wa syu’ubana wa qirana wa mulana wa aishariya wa raa’ina wa masha’ikhina wa sittana wa hadeethana wa aalimina wa aalimatin."

BACA JUGA:   Doa untuk Orang yang Ziarah Haji

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dalam haji ini agar hajiku ini diterima dan disenangi oleh-Mu, serta aku menjadi orang yang bersyukur kepada-Mu dan menjadi contoh bagi orang lain. Aku bermaksud dalam perjalanan ini untuk memperkuat keimananku dengan meyakini hadits-hadits dan perjalanan-perjalanan para pendahulu, serta mempererat tali persaudaraan. Mohon dilindungi dari penyakit dan menghargai kenikmatan yang diberikan oleh Islam dan haji. Ya Allah, terimalah haji, siapapun yang ikut serta dengan kami, suku kami, teman kami, pemimpin kami, guruku, imam kami, tetangga kami, ulama kami, laki-laki dan perempuan kami."

Keutamaan Mengucapkan Doa Supaya Bisa Naik Haji Tiap Tahun

Mengucapkan doa agar bisa naik haji tiap tahun memiliki beberapa keutamaan. Pertama, Doa ini meneguhkan tekad dan semangat untuk melaksanakan ibadah haji. Kedua, membaca doa sebelum berangkat haji meminta perlindungan dan keselamatan selama di perjalanan. Ketiga, berdoa agar haji diterima dan mendatangkan keberkahan dalam hidup setelah kembali dari haji.

Kesimpulan

Mengucapkan doa agar bisa naik haji tiap tahun bisa menjadi solusi bagi umat Islam yang ingin menunaikan ibadah haji secara rutin. Tidak hanya itu, keutamaan mengucapkan doa tersebut juga sangat besar. Pastikan persiapan sebelum mengucapkan doa dilakukan dengan baik agar hati menjadi khusyuk dan doa lebih diterima Allah SWT. Semoga doa ini bisa menjadi amalan kebaikan bagi kita semua. Aamiin.