Skip to content
Home » Ceramah Basalamah Tentang Istri Mendapat Juga Pahala Haji Suaminya

Ceramah Basalamah Tentang Istri Mendapat Juga Pahala Haji Suaminya

Salam hormat kepada semua saudara-saudari yang hadir dalam kesempatan ini. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbicara tentang pentingnya memperlakukan istri dengan baik dan sekaligus memberikan pengertian tentang betapa besar pahala yang akan didapat suami jika istri mengerjakan ibadah haji.

Sebagai seorang suami, kita harus memperlakukan istri dengan setulus hati. Kita harus memahami bahwa Allah SWT telah menetapkan manusia sebagai makhluk sosial yang harus saling memperlakukan dengan baik dan dengan sikap yang mencintai. Salah satu bentuk cinta kepada istri adalah dengan memperlakukan istri sesuai dengan aturan-aturan agama.

Menurut Ustad Abdul Somad, seorang suami yang baik harus memperlakukan istri dengan baik sebagaimana yang telah diterangkan dalam Al-Quran. Salah satu contoh yang bisa dicontohkan adalah ketika Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang paling sempurna dalam imannya adalah orang yang paling baik perlakuannya terhadap istrinya”. Dalam sabda tersebut, Rasulullah SAW menegaskan pentingnya perilaku suami terhadap istri dalam menjalankan ajaran agama islam.

Perilaku baik suami terhadap istri akan mendapat balasan yang besar di dunia dan akhirat. Suami yang memperlakukan istri dengan baik akan mendapat pahala yang besar. Bahkan, jika istri mengerjakan haji atas niat dan usaha suami, maka suami akan mendapat pahala sama dengan istri.

Ada sebuah hadis yang menceritakan saat Ummu Salamah bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai bagaimana jika seorang wanita berangkat haji dan suaminya tidak dapat ikut, lalu apakah suaminya akan mendapat pahala? Rasulullah SAW menjawab, “Jika seorang wanita melakukan haji dengan niat menggantikan suaminya dan suaminya tidak dalam keinginan untuk berhaji, maka Allah akan menambahkan pahala tersebut kepada sang suami seperti yang akan dihitung bagi sang wanita itu”. Ini menunjukkan bahwa Allah sungguh-sungguh mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan, termasuk ketika suami memfasilitasi istrinya untuk mengerjakan haji.

BACA JUGA:   Meraih Pahala Haji dan Umroh Melalui Shalat Isyroq

Dalam Islam, keluarga adalah hal yang sangat penting. Keluarga adalah sumber kebahagiaan dan kebahagiaan tidak akan tercapai apabila tidak ada hubungan yang baik antara suami istri. Sebagai seorang suami, mari kita memperlakukan istri dengan baik dan sekaligus memberikan fasilitasi untuk istri mengerjakan ibadah haji.

Saya berharap, dengan adanya ceramah ini, kita semua dapat memahami bahwa menyayangi istri dan menolongnya dalam mengerjakan ibadah merupakan hal yang sangat penting dalam islam dan akan mendapat ganjaran pahala yang besar dari Allah SWT. Oleh karena itu, mari kita semua berusaha untuk memperlakukan istri dengan baik dan selalu memberikan dukungan kepada istri untuk mengerjakan ibadah haji.

Demikian, ceramah ini saya sampaikan. Saya berharap, kita semua dapat memahami apa yang telah saya sampaikan dalam ceramah ini. Jazakallah Khairan kepada semua peserta yang hadir. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.