Skip to content
Home » Contoh Doa Pemberangkatan Haji 2018

Contoh Doa Pemberangkatan Haji 2018

Doa pemberangkatan haji atau doa untuk keberangkatan haji merupakan sebuah doa yang sangat penting bagi setiap orang yang hendak berangkat ke Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Doa ini menjadi salah satu rangkaian doa-doa yang harus dipanjatkan sepanjang perjalanan haji dilakukan. Meskipun doa ini telah dikenal dan dilakukan selama bertahun-tahun, namun penting bagi setiap jamaah untuk memahami arti dari doa pemberangkatan haji tersebut.

Apa Itu Doa Pemberangkatan Haji?

Doa pemberangkatan haji adalah doa yang dilakukan oleh setiap jamaah haji saat hendak melakukan perjalanan ke Mekkah. Tujuannya adalah untuk memohon perlindungan dan keselamatan dalam perjalanannya. Doa ini sangat penting dilakukan mengingat perjalanan ke Mekkah bukanlah perjalanan yang mudah dan sederhana. Oleh karena itu, doa ini dilakukan untuk memohon pertolongan Allah SWT agar perjalanan haji dapat berjalan lancar dan sukses.

Contoh Doa Pemberangkatan Haji

Berikut adalah contoh doa pemberangkatan haji yang dapat dipanjatkan sebelum memulai perjalanan ke Mekkah:

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِيْ سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوٰى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَـٰهُ، اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَـٰهُ لَنَا، اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الصّٰحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِي الْأَهْلِ، اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَــابَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمَنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالأَهْلِ

Artinya:

"Ya Allah, kami memohon kepada-Mu di dalam perjalanan ini kebaikan dan ketakwaan, serta berbagai amal yang Engkau ridhai. Ya Allah, permudahkanlah bagi kami perjalanan ini dan jadikanlah perjalanan ini patuh pada kami. Ya Allah, Engkau adalah sahabat dalam perjalanan dan pengganti yang baik bagi keluarga kami. Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari ancaman dalam perjalanan, keburukan pemandangan dan posisi yang tidak enak dalam posisi finansial dan keluarga kami."

BACA JUGA:   Contoh Ucapan Mohon Doa Restu Naik Haji

Kesimpulan

Doa pemberangkatan haji adalah doa yang sangat penting bagi setiap jamaah haji dalam perjalanan ke Tanah Suci Mekkah. Meskipun terlihat singkat, doa ini dirancang dengan baik sehingga dapat memohon keselamatan dan perlindungan bagi jamaah selama perjalanan haji. Oleh karena itu, selalu penting untuk memahami arti doa dan memperlakukan doa ini dengan sangat serius. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan keselamatan bagi setiap jamaah yang berangkat ke Tanah Suci Mekkah.