Skip to content
Home » Contoh Doa yang Sering Dititipkan Saat Orang Pergi Haji

Contoh Doa yang Sering Dititipkan Saat Orang Pergi Haji

Pengantar

Haji adalah salah satu ibadah yang sangat diidamkan oleh setiap orang Muslim. Selain menjadi salah satu rukun Islam, haji juga menjadi momen yang sangat penting bagi umat Muslim untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Momen keberangkatan haji banyak diisi dengan persiapan-persiapan yang matang, baik itu dalam hal fisik, finansial maupun mental. Selain itu, doa juga menjadi salah satu hal yang amat penting untuk dipersiapkan sebelum keberangkatan haji.

Dalam artikel ini, kami akan menginformasikan beberapa contoh doa yang sering dititipkan pada saat orang pergi haji.

Doa Sebelum Berangkat Haji

Berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji adalah momen yang sangat diidamkan oleh setiap Muslim. Pada saat perjalanan ke tanah suci, berbagai perasaan dapat muncul, mulai dari rasa bahagia, haru, dan campur aduk. Oleh karena itu, pada saat berangkat haji, umat Muslim sering mengucapkan doa-doa berikut ini:

Allahumma inni as’aluka fadlal mughni warihmatallati wasi’at kulla shay’in, wa la haula wa la quwwata illa billah.

Doa ini artinya adalah: "Ya Allah, aku mohon pada-Mu, karunia yang mencukupi, dan rahmat yang menyeluruh. Yang mencakup segala sesuatu. Dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Mu".

Doa Terbaik yang Dapat Diaminkan di Tanah Suci

Tanah suci adalah tempat yang sangat mulia dan suci bagi umat Muslim. Dalam tempat suci ini, umat Muslim di tuntut untuk beribadah dengan penuh khusyuk dan khidmat. Adapun salah satu doa terbaik dan paling di aminkan oleh orang-orang yang ada di tanah suci antara lain:

Allahumma inni a’udzu bika an adzlima au udhlama, au ajhalau au ujlama, au adhlima, au yudhlama alayya.

Arti dari doa ini adalah: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu, agar tidak berbuat zhalim, tidak dizhalimi, tidak membodoh-bodohi diri dan tidak dibodohi, tidak berbuat zhalim dan tidak dizhalimi oleh orang lain”.

BACA JUGA:   Doa Tamu untuk Calon Haji: Menyambut Perjalanan Suci

Doa Terakhir Sebelum Pulang ke Rumah

Pulang dari tanah suci setelah menunaikan ibadah haji adalah momen yang sangat membahagiakan bagi setiap orang Muslim. Sebelum pulang ke rumah, ada beberapa doa yang sebaiknya di amalkan, di antaranya:

Allahumma taqabbal minni hadzal hajj, kamaa taqabbaltahu min Abdillahul Yamani, walqomuusina hada min khaatamikah, wal mabrokan minaka, lailaha illanh, muhanni at taubata an kulli dhanbin, la yutaaqallabuha, la yuhasinuh 

Arti dari doa ini adalah: "Ya Allah, terimalah haji kami seperti Engkau menerima haji dari Abdullah Al-Yamani. Kabulkanlah amal dan doa kami. Tidak ada Tuhan selain Engkau, ampunilah dosa-dosa kami yang telah diampuni dan tidak dihitung. ".

Kesimpulan

Dalam melaksanakan ibadah haji, doa menjadi salah satu hal yang sangat penting. Dengan berdoa, kita diharapkan bisa memperoleh keberkahan dan kemudahan dalam melaksanakan ibadah haji. Berbagai doa yang telah dijelaskan di atas dapat kita amalkan sebagai tuntunan dalam melaksanakan ibadah haji. Semoga kita bisa melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk, lancar, dan mendapatkan barokah dari Allah SWT. Amin.