Skip to content
Home » Contoh Foto Buat Daftar Haji: Cara-cara untuk Mengunggah Foto dengan Benar

Contoh Foto Buat Daftar Haji: Cara-cara untuk Mengunggah Foto dengan Benar

Mendaftar untuk menjalankan ibadah haji biasanya memerlukan proses yang panjang dan sesuai dengan pelayanan yang diberikan oleh Badan Pelaksana Pusat Penyelenggaraan Haji (BPPH). Salah satu tahap penting dalam pendaftaran adalah mengunggah foto identitas diri. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang contoh foto buat daftar haji dan cara-cara untuk mengunggah foto dengan benar agar proses pendaftaran haji dapat berjalan dengan lancar.

Mengapa Foto Identitas Diri Sangat Penting?

Foto identitas diri adalah bagian dari persyaratan pendaftaran jama’ah haji yang wajib dipenuhi oleh calon jama’ah dalam rangka pendaftaran haji. Hal ini disebabkan karena foto identitas diri akan digunakan sebagai identitas jama’ah selama mengikuti proses pendaftaran haji, seperti pembuatan paspor dan tanda pengenal.

Jenis Foto yang Dibutuhkan untuk Pendaftaran Haji

Jenis foto yang dibutuhkan untuk pendaftaran haji adalah pas foto ukuran 3 x 4 dengan latar belakang putih dan tanpa kacamata. Pastikan bahwa foto yang diambil memiliki tingkat ketajaman, kontras, dan saturasi yang baik. Selain itu, foto harus juga memiliki ukuran file tidak lebih dari 1 MB dan format file dalam bentuk JPEG.

Cara-Cara Mengunggah Foto Identitas Diri dengan Benar

Berikut adalah cara-cara mengunggah foto identitas diri dengan benar melalui portal resmi BPPH:

1. Buka Portal Resmi BPPH

Buka browser di komputer atau ponsel yang terhubung ke internet, kemudian masuk ke portal resmi BPPH dengan menggunakan akun yang sudah terdaftar.

BACA JUGA:   Proses Pendaftaran Haji 2019 dan Persyaratan yang Harus Dipenuhi

2. Pilih Menu Pendaftaran Online

Setelah berhasil masuk ke dalam portal resmi BPPH, pilih menu yang tersedia di bagian atas, kemudian pilih "Pendaftaran Online".

3. Masukkan Data Diri

Isi data diri sesuai dengan yang diminta pada form pendaftaran haji, seperti nama, alamat, nomor paspor, dan nomor KK.

4. Unggah Foto Identitas Diri

Setelah memasukkan data diri, anda akan diminta untuk mengunggah foto identitas diri. Pastikan bahwa foto yang diunggah telah sesuai dengan kriteria yang telah disebutkan sebelumnya.

5. Verifikasi Data Diri

Setelah selesai mengunggah foto identitas diri, jangan lupa untuk memeriksa kembali data diri yang telah dimasukkan. Pastikan bahwa data yang dimasukkan sudah benar dan akurat.

6. Kirim Pendaftaran

Terakhir, setelah semua data telah berhasil dimasukkan dan diverifikasi, anda dapat mengklik tombol "Kirim Pendaftaran" untuk mengakhiri proses pendaftaran.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh foto buat daftar haji dan cara-cara mengunggah foto dengan benar melalui portal resmi BPPH. Dalam proses pendaftaran haji, jangan lupa untuk selalu memperhatikan setiap persyaratan yang ditentukan oleh BPPH. Dengan mengikuti petunjuk ini, semoga bisa memudahkan proses pendaftaran haji anda dan mengoptimalkan performa pendaftaran dari segi SEO.