Skip to content
Home » Daftar Bandara Embarkasi Haji 2019

Daftar Bandara Embarkasi Haji 2019

Haji adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Selama pelaksanaan haji, setiap jamaah harus melakukan proses pemberangkatan dari negaranya masing-masing melalui penggunaan transit penerbangan.

Apa itu embarkasi haji?

Embarkasi haji adalah proses pemberangkatan umat muslim dari negaranya masing-masing menuju ke tanah suci Mekah. Setiap tahunnya, Indonesia memiliki beberapa bandara embarkasi haji yang digunakan oleh jamaah haji dalam pemberangkatannya.

Daftar bandara embarkasi haji Indonesia tahun 2019

Berikut adalah daftar bandara embarkasi haji di Indonesia untuk tahun 2019:

  1. Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta
  2. Bandara Internasional Kualanamu Medan
  3. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar
  4. Bandara International Lombok Praya Nusa Tenggara Barat
  5. Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan
  6. Bandara Internasional Juanda Surabaya
  7. Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru
  8. Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang
  9. Bandara Internasional Kertajati Majalengka Jawa Barat
  10. Bandara Internasional Lombok Sumbawa Besar Nusa Tenggara Barat

Proses pemberangkatan haji

Proses pemberangkatan haji dimulai dari tahap persiapan, pendaftaran, registrasi, verifikasi dan pengukuran kesehatan. Kemudian dilanjutkan dengan tahap keberangkatan menggunakan pesawat terbang, pendaratan di Arab Saudi, dan berakhir pada pelaksanaan ibadah haji.

Setiap jamaah harus memenuhi persyaratan kesehatan yang telah ditetapkan, dan harus memperoleh sertifikat kesehatan dari dokter. Selain itu, jamaah juga harus memperoleh persetujuan dari pihak keluarga, dan harus memperoleh pemberitahuan dari pihak travel agar dapat melakukan persiapan sebaik mungkin.

Kesimpulan

Daftar bandara embarkasi haji Indonesia tahun 2019 sangat penting diketahui bagi jamaah haji. Dipilihnya bandara embarkasi menjadi penentu kenyamanan dan keamanan selama pelaksanaan ibadah haji. Dalam mempersiapkan segala sesuatunya, hapalilah daftar bandara embarkasi haji dan gunakan informasi ini untuk menentukan pilihan bandara yang tepat. Semoga ibadah haji jamaah dapat dilaksanakan dengan lancar dan aman.

BACA JUGA:   Cara Melakukan Pendaftaran Haji Bandung 2017