Skip to content
Home » Daftar Barang yang Harus Ada untuk Umroh

Daftar Barang yang Harus Ada untuk Umroh

Umroh adalah suatu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim di mana mereka melakukan perjalanan ke Makkah dan Madinah dalam rangka memenuhi rukun Islam yang kelima. Sebelum melakukan umroh, ada beberapa barang yang harus disiapkan dan dibawa selama perjalanan umroh. Berikut adalah daftar barang yang harus ada untuk umroh:

Dokumen Penting

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, pastikan untuk membawa dokumen penting seperti paspor, visa, tiket, dan buku vaksinasi. Jangan lupa untuk mengecek masa berlaku paspor anda agar tidak mengalami kendala saat proses pemeriksaan di bandara.

Pakaian Ihram

Pakaian ihram adalah pakaian yang wajib dipakai oleh jamaah umroh selama melaksanakan ibadah umroh. Pilihlah pakaian ihram yang nyaman dan tidak terlalu panas saat dipakai karena suhu di Tanah Suci bisa sangat panas. Jangan lupa juga untuk membawa beberapa stok pakaian ihram untuk menggantinya selama perjalanan umroh.

Alat-alat Mandi

Selama umroh, mandi merupakan salah satu ibadah yang harus dilakukan. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa alat-alat mandi seperti sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, handuk, dan aroma terapi agar tetap segar dan nyaman selama perjalanan.

Obat-obatan

Membawa obat-obatan pribadi sangat penting untuk menghindari kendala jika suatu saat anda memerlukannya selama perjalanan. Pastikan untuk membawa obat-obatan yang dianjurkan dokter dan juga ada obat-obatan untuk mengatasi sakit kepala, sakit perut, flu, dan sebagainya.

Powerbank dan Plug Adapter

Karena kita akan berada di negara yang berbeda, pastikan untuk membawa plug adapter agar bisa mengisi daya peralatan elektronik anda seperti hp dan kamera. Pastikan juga untuk membawa powerbank agar bisa mengisi daya peralatan elektronik anda ketika tidak ada sumber listrik yang tersedia.

BACA JUGA:   Ucapan Buat Ibadah Umroh

Air Zamzam

Salah satu hal yang harus dibawa ketika umroh adalah air zamzam. Air zamzam dianggap sebagai air yang sangat suci karena berasal dari sumur zamzam di Masjidil Haram. Bawa botol air kosong dan jangan lupa untuk mengisi air zamzam sebagai oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

Tas Punggung

Selama perjalanan umroh, tas punggung akan sangat berguna untuk membawa barang-barang penting seperti ponsel, kamera, air zamzam, dan dokumen penting. Pilihlah tas punggung yang nyaman dan dapat menampung banyak barang.

Sepatu

Pastikan untuk membawa beberapa pasang sepatu karena selama perjalanan umroh, kita akan melakukan pendakian dan juga berjalan di tanah suci. Pilihlah sepatu yang nyaman untuk dipakai dan sudah terbukti ampuh saat berjalan di tanah suci.

Kamera

Ketika melaksanakan umroh, pastikan untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen berharga selama perjalanan. Pilihlah kamera yang ringan dan mudah digunakan untuk mengambil foto dan video.

Uang Tunai

Pastikan untuk membawa uang tunai yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama perjalanan. Gunakan uang tunai untuk membeli makanan, minuman, dan oleh-oleh selama di Tanah Suci.

Dalam rangka memastikan perjalanan umroh berjalan lancar, pastikan untuk mengecek kembali semua barang yang harus ada untuk umroh sebelum berangkat ke Tanah Suci. Semoga artikel ini berguna dan menjadi referensi bagi jamaah umroh dalam menyiapkan barang-barang yang harus dibawa selama perjalanan.