Skip to content
Home » Daftar Berangkat Haji 2019: Temukan Detailnya Disini

Daftar Berangkat Haji 2019: Temukan Detailnya Disini

Bulan suci Ramadhan telah berakhir, dan para umat muslim di seluruh dunia kini berkumpul untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Namun, bagi orang-orang Indonesia, Idul Fitri juga menandai awal dari musim haji ke Tanah Suci Mekah.

Setiap tahun, jutaan orang dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji. Untuk melakukan perjalanan ini, diperlukan pendaftaran dan pengaturan yang cermat. Berikut ini adalah informasi tentang daftar berangkat haji 2019.

Proses Pendaftaran

Pendaftaran untuk berangkat haji adalah proses yang rumit dan membutuhkan waktu. Para calon jamaah harus terlebih dahulu mengajukan permohonan ke Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Mandiri setempat. Dalam permohonan tersebut, harus terlampir dokumen identitas seperti KTP, akta kelahiran, dan paspor yang masih berlaku.

Setelah permohonan diterima, calon jamaah harus menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp 25 juta. Setelah proses verifikasi selesai, para calon jamaah akan menerima konfirmasi dari pihak Kementerian Agama tentang kapan mereka akan berangkat.

Persyaratan

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon jamaah agar bisa berangkat haji. Pertama, calon jamaah harus mempunyai kesehatan yang baik dan bebas dari penyakit menular. Kedua, calon jamaah harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 70 tahun. Ketiga, calon jamaah harus sudah menempuh pendidikan agama minimal 40 kali pertemuan.

Tidak hanya itu, para calon jamaah juga harus mempersiapkan diri secara mental dan memahami bahwa perjalanan haji adalah proses yang panjang dan melelahkan. Mereka juga harus mematuhi aturan-aturan yang berlaku di Tanah Suci Mekah.

Biaya

Biaya untuk berangkat haji cukup mahal dan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Ini termasuk biaya akomodasi, transportasi, visa, makanan, dan perlengkapan seperti seragam haji dan tenda. Namun, bagi calon jamaah yang ingin menunaikan ibadah haji, biaya tersebut tentu sebanding dengan nilai spiritual yang diperoleh.

BACA JUGA:   Daftar Peserta Haji Tahun 2018

Untuk membantu para calon jamaah yang kurang mampu secara finansial, pihak Kementerian Agama juga menyediakan program haji khusus bagi yang tidak memiliki biaya yang cukup.

Kesimpulan

Memperoleh informasi tentang daftar berangkat haji 2019 adalah hal yang penting bagi setiap calon jamaah yang ingin menunaikan ibadah haji. Pendaftaran harus dilakukan dengan cermat dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Persyaratan harus dipenuhi agar bisa diterima sebagai calon jamaah. Dan biaya yang perlu dikeluarkan cukup besar.

Namun, bagi setiap muslim yang ingin menunaikan ibadah haji, semua usaha dan biaya ini adalah hal kecil dibandingkan dengan nilai spiritual yang akan diperoleh. Semoga dengan adanya informasi ini, para calon jamaah menjadi lebih siap dan terlatih dalam menunaikan ibadah haji mereka.