Skip to content
Home » Daftar Calon Haji 2019 Jawa Barat Terbaru

Daftar Calon Haji 2019 Jawa Barat Terbaru

Pengenalan

Setiap tahunnya, jutaan orang dari seluruh dunia memenuhi panggilan Allah untuk berkunjung ke Baitullah. Bagi umat Islam, ibadah ini merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan sekali seumur hidup. Demikian juga bagi umat Islam di Indonesia, termasuk daftar calon haji 2019 Jawa Barat yang akan segera berangkat menunaikan ibadah haji.

Penting bagi calon haji untuk mengetahui informasi terkait haji agar dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan benar. Salah satu informasi yang penting adalah daftar calon haji 2019 Jawa Barat yang telah diumumkan oleh Kementerian Agama RI. Pada artikel ini akan dibahas tentang daftar calon haji 2019 Jawa Barat terbaru.

Calon Haji Jawa Barat 2019

Daftar calon haji 2019 Jawa Barat telah diumumkan oleh Kementerian Agama pada tanggal 4 Juli 2019 yang lalu. Jumlah total calon haji yang berangkat dari Jawa Barat mencapai 37.868 orang. Dari jumlah tersebut, terdapat 18.616 orang haji khusus dan 19.252 orang haji reguler.

Dari sisi jenis kelamin, calon haji perempuan mengalami peningkatan yang signifikan dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini, terdapat 19.048 orang calon haji perempuan dari Jawa Barat yang akan berangkat, sementara pada tahun sebelumnya hanya 14.634 orang. Sedangkan untuk calon haji laki-laki dari Jawa Barat sebanyak 18.820 orang.

Distribusi Calon Haji Jawa Barat 2019

Daftar calon haji 2019 Jawa Barat terbaru juga mencakup informasi mengenai distribusi calon haji berdasarkan kota/kabupaten asal. Berikut adalah daftar distribusi calon haji Jawa Barat tahun 2019:

  1. Bandung: 8.087 orang
  2. Depok: 6.336 orang
  3. Bekasi: 5.138 orang
  4. Cimahi: 2.390 orang
  5. Tasikmalaya: 2..177 orang
  6. Cirebon: 2.089 orang
  7. Karawang: 1.875 orang
  8. Purwakarta: 1.712 orang
  9. Sukabumi: 1.564 orang
  10. Garut: 1.491 orang
BACA JUGA:   Urutan Ibadah Haji Nabi

Banyaknya calon haji dari daerah diatas menunjukan bahwa umat muslim di Jawa Barat sangat antusias dalam menunaikan ibadah haji.

Persyaratan Haji

Sebelum berangkat ke tanah suci, calon haji harus memenuhi syarat dan persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama. Beberapa persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh calon haji antara lain sebagai berikut:

  1. Mempunyai surat keterangan sehat dan bebas dari penyakit menular yang dikeluarkan oleh dokter
  2. Telah membayar biaya haji secara lengkap dan sesuai dengan aturan yang berlaku
  3. Memiliki surat rekomendasi dari tokoh agama setempat
  4. Melakukan pemeriksaan kesehatan di klinik haji terdekat
  5. Mempunyai surat keterangan pemotongan hewan qurban

Dalam persiapan menjelang berangkat ke tanah suci, calon haji juga perlu mempersiapkan diri secara fisik dan mental agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan maksimal.

Kesimpulan

Daftar calon haji 2019 Jawa Barat yang telah diumumkan oleh Kementerian Agama sangat penting untuk diketahui oleh para calon haji. Informasi tersebut memberikan gambaran mengenai jumlah calon haji serta distribusi calon haji berdasarkan kota/kabupaten asal. Dalam persiapan menjelang keberangkatan, calon haji juga harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama serta mempersiapkan diri secara fisik dan mental agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para calon haji 2019 Jawa Barat dalam mempersiapkan diri menjelang berangkat ke tanah suci.