Skip to content
Home » Daftar Calon Jamaah Haji 2018 Sumatera Utara

Daftar Calon Jamaah Haji 2018 Sumatera Utara

Jamaah haji adalah orang yang berangkat ke tanah suci, Mekah, untuk menunaikan ibadah haji. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kementerian agama telah membuka pendaftaran untuk jamaah haji 2018. Pendaftaran diselenggarakan di seluruh Indonesia, termasuk Sumatera Utara.

Daftar Calon Jamaah Haji 2018 Sumatera Utara sudah dibuka dan akan ditutup pada akhir Februari. Bagi warga Sumatera Utara yang ingin berangkat haji tahun ini, berikut adalah informasi penting yang perlu diketahui.

Syarat Pendaftaran

Sebelum mendaftar, calon jamaah harus memenuhi beberapa persyaratan. Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi:

  1. Warga negara Indonesia
  2. Beragama Islam
  3. Telah mencapai usia dewasa
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Belum pernah menunaikan ibadah haji

Cara Mendaftar

Untuk mendaftar jadi calon jamaah haji, calon harus mengisi formulir online dan melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Dokumen-dokumen yang diperlukan antara lain:

  1. KTP
  2. Kartu Keluarga
  3. Akta Kelahiran
  4. Surat Nikah
  5. Surat Keterangan Sehat dari dokter
  6. Surat Keterangan Bebas Narkoba dari kepolisian
  7. Sertifikat Pelatihan Manasik Haji

Semua dokumen harus diunggah ke dalam sistem pendaftaran online dan diverifikasi oleh pihak kementerian agama. Setelah proses verifikasi selesai, calon jamaah akan mendapatkan nomor urut yang menandakan status kelulusannya.

Biaya dan Fasilitas

Biaya untuk mendaftar jadi calon jamaah haji bervariasi tergantung pada jenis paket yang dipilih. Paket dasar biasanya mencakup transpor, akomodasi, dan makan selama di tanah suci. Namun, ada juga paket yang lebih lengkap, seperti paket kelas eksekutif yang mencakup hotel bintang lima dan transportasi mewah.

BACA JUGA:   Moniatur Ibadah Haji: Panduan Lengkap untuk Melakukan Rukun Islam Kelima

Selain itu, kementerian agama juga memfasilitasi beberapa kegiatan, seperti pelatihan manasik haji dan pengobatan gratis bagi calon jamaah yang sakit. Seluruh fasilitas dan biaya yang dikeluarkan sudah termasuk dalam biaya pendaftaran.

Kesimpulan

Daftar Calon Jamaah Haji 2018 Sumatera Utara sudah dibuka untuk umum. Sebelum mendaftar, pastikan memenuhi semua persyaratan dan melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Biaya dan fasilitas yang ada tergantung pada jenis paket yang dipilih. Selamat mencoba mendaftar dan semoga diterima menjadi jamaah haji tahun ini!

Headline: Daftar Calon Jamaah Haji 2018 Sumatera Utara Telah Dibuka, Ini Informasi Penting yang Perlu Diketahui!