Skip to content
Home » Daftar Haji 2016: Berangkat Kapan?

Daftar Haji 2016: Berangkat Kapan?

Daftar haji 2016 telah resmi dirilis oleh Pemerintah Indonesia beberapa waktu lalu. Tahun ini, pendaftaran haji diketahui melalui sistem daring atau online sehingga memudahkan calon jamaah dalam mendaftar dan mengatur jadwal keberangkatan.

Pendaftaran Haji 2016

Pendaftaran haji 2016 diawali dari tanggal 15 Februari hingga 29 Februari 2016. Sistem daring yang digunakan membantu calon jamaah dalam pendaftaran, melihat jadwal keberangkatan, serta mengatur segala kebutuhan selama pelaksanaan haji.

Namun, tidak semua calon jamaah dapat langsung berangkat pada tahun 2016. Hal ini dikarenakan kuota haji Indonesia yang memiliki batas maksimum. Untuk tahun 2016, kuota haji Indonesia sebesar 203.000 orang.

Karena keterbatasan kuota haji, maka ditetapkanlah sistem pemilihan calon jamaah yang harus memenuhi beberapa syarat. Beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain:

  • Telah melewati batas usia minimum
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Memiliki kemampuan finansial yang cukup
  • Belum pernah melakukan ibadah haji sebelumnya
  • Tidak sedang dalam keadaan sakit atau memiliki penyakit kronis

Berangkat Kapan?

Setelah pendaftaran haji 2016 dan pemilihan calon jamaah, kemudian ditetapkan jadwal keberangkatan. Dalam hal ini, keberangkatan haji 2016 akan dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2016.

Keberangkatan ini akan dilakukan oleh calon jamaah haji dari seluruh Indonesia. Tentunya, sebelum berangkat harus mempersiapkan diri dengan baik. Hal ini meliputi:

  • Mempersiapkan fisik dan kesehatan
  • Menyelesaikan segala dokumen dan persyaratan keberangkatan
  • Memastikan akomodasi saat di Arab Saudi sudah tertata dengan baik

Diharapkan dengan persiapan yang matang, calon jamaah haji dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dan saling mengingatkan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan bersama.

Kesimpulan

Daftar haji 2016 telah resmi dirilis oleh Pemerintah Indonesia. Pendaftaran haji tahun ini dilakukan secara daring. Kuota haji Indonesia yang terbatas membuat pemilihan calon jamaah diberlakukan dengan syarat-syarat tertentu. Jadwal keberangkatan haji 2016 akan dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2016. Sebagai calon jamaah, persiapan yang matang harus dilakukan agar ibadah haji dapat dilaksanakan dengan aman dan khusyuk.

BACA JUGA:   Kaitan Tasbih Tahmid dengan Ibadah Haji dan Umrah