Skip to content
Home » Daftar Haji 2016 Berangkat Tahun Ini

Daftar Haji 2016 Berangkat Tahun Ini

Daftar haji 2016 telah dirilis dan jadwal keberangkatan sudah ditentukan. Maka, bagi umat muslim yang telah mendaftar untuk melakukan ibadah haji tahun ini harus siap mempersiapkan diri. Dalam artikel ini, kami akan membahas persiapan apa saja yang perlu dilakukan dan memberikan informasi tentang daftar haji 2016.

Apa itu Haji?

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Haji dilakukan di kota suci Makkah dan Medina di Arab Saudi dan dilakukan pada bulan Dzulhijjah.

Daftar Haji 2016

Daftar haji 2016 telah dirilis oleh Kementerian Agama pada bulan Maret 2016. Banyak jemaah yang telah mendaftar untuk melakukan ibadah haji tahun ini dan jadwal keberangkatan mereka sudah ditentukan. Jemaah akan diberangkatkan ke Arab Saudi mulai bulan Agustus hingga September.

Persiapan Sebelum Berangkat ke Arab Saudi

Sebelum berangkat ke Arab Saudi, jemaah perlu mempersiapkan beberapa hal. Pertama-tama, jemaah harus melakukan pemeriksaan kesehatan dan memperoleh surat keterangan sehat dari dokter. Jemaah yang memiliki penyakit kronis seperti jantung, diabetes, atau tekanan darah tinggi, harus berkonsultasi dengan dokter sebelum berangkat untuk mempersiapkan obat-obatan yang diperlukan.

Selain itu, jemaah perlu memperoleh visa untuk masuk ke Arab Saudi. Paspor jemaah harus memiliki masa berlaku minimal enam bulan dari tanggal keberangkatan dan harus memiliki dua lembar halaman kosong untuk stempel visa.

Jemaah juga harus mempersiapkan kebutuhan kesehariannya seperti baju ihram, sandal jepit, dan perlengkapan mandi. Sebaiknya baju ihram dibeli sebelum berangkat ke Arab Saudi agar jemaah tidak kesulitan mencarinya di sana.

BACA JUGA:   Ibadah Haji 2017: Panduan Lengkap untuk Calon Jamaah

Perlengkapan yang Dibutuhkan Selama di Arab Saudi

Selama berada di Arab Saudi, jemaah perlu mempersiapkan beberapa perlengkapan untuk memudahkan perjalanan ibadah haji. Perlengkapan yang dibutuhkan antara lain:

  • Tas jemaah untuk membawa perlengkapan sehari-hari.
  • Kain ihram untuk laki-laki dan baju gamis untuk perempuan.
  • Sandal jepit untuk berjalan di sekitar tempat suci.
  • Perlengkapan mandi seperti sabun, shampoo, dan handuk.
  • Topi untuk melindungi kepala dari sinar matahari.
  • Masker dan tisu untuk melindungi dari debu.
  • Minyak angin atau balsem untuk mengurangi pegal dan nyeri pada otot.

Tips Beribadah Haji dengan Nyaman dan Aman

Beribadah haji memang sangat membahagiakan, namun tidak sedikit jemaah yang mengalami kesulitan selama berada di sana. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang dapat membantu jemaah agar beribadah haji dengan nyaman dan aman.

  • Selalu jaga kebersihan dan menjaga kesehatan dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan sabun.
  • Berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi.
  • Jangan berjalan sendirian di tempat yang tidak aman atau kurang dikenal.
  • Jangan mengikuti orang yang tidak dikenal atau merasa curiga.
  • Selalu mengenakan kain ihram atau baju gamis ketika berada di tempat suci.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Kesimpulan

Daftar haji 2016 telah dirilis dan jadwal keberangkatan sudah ditentukan. Jemaah perlu mempersiapkan diri sebelum berangkat ke Arab Saudi dan selama berada di sana agar dapat beribadah haji dengan nyaman dan aman. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dan menginspirasi mereka untuk memperdalam ilmu tentang ibadah haji.