Skip to content
Home » Daftar Haji Banten 2019: Semua yang Perlu Kamu Ketahui

Daftar Haji Banten 2019: Semua yang Perlu Kamu Ketahui

Jika kamu seorang Muslim dan ingin menunaikan ibadah haji, kamu perlu tahu daftar haji Banten 2019. Pemerintah Indonesia telah menetapkan kuota haji setiap tahunnya, termasuk Banten. Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui semua yang kamu butuhkan tentang daftar haji Banten 2019.

Kuota Haji Banten 2019

Kuota haji Banten tahun 2019 telah ditetapkan sebanyak 10.815 orang. Jumlah ini termasuk pembayaran lunas dan berangkat secara reguler. Kuota ini merupakan kuota terbesar ke-3 di wilayah Jabodetabek, setelah Jakarta dan Bogor.

Syarat dan Ketentuan

Untuk bisa mendaftar haji, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Pertama, kamu harus berusia minimal 18 tahun dan tidak lebih dari 70 tahun pada saat pendaftaran. Kedua, kamu harus mencukupi kesehatan fisik dan mental untuk menunaikan ibadah haji. Ketiga, kamu harus memiliki Surat Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Selain itu, terdapat persyaratan tambahan yang harus dipenuhi, seperti telah melakukan haji kurang dari 5 tahun terakhir, tidak memiliki utang pajak, dan memiliki biaya untuk menunaikan ibadah haji.

Cara Mendaftar Haji Banten 2019

Untuk mendaftar haji Banten 2019, kamu harus mengisi formulir pendaftaran haji yang telah disediakan oleh Kementerian Agama dan membayar uang muka. Setelah itu, kamu perlu mengikuti seleksi untuk dapat dinyatakan lolos sebagai calon haji.

Dalam seleksi tersebut, kamu akan diuji melalui tes kesehatan, tes wawasan keislaman, dan tes psikologi. Calon haji yang lolos seleksi akan diberikan kartu kuning sebagai bukti pendaftaran.

Biaya Haji

Biaya haji Banten 2019 dipatok sebesar Rp 34 juta untuk reguler dan Rp 49 juta untuk pembayaran lunas. Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya tambahan yang mungkin diperlukan, seperti biaya akomodasi, transportasi, dan konsumsi selama di Arab Saudi.

BACA JUGA:   Cara Daftar Haji di Bank Sumut

Pelaksanaan Ibadah Haji

Setelah dinyatakan berhasil sebagai calon haji, kamu akan diberikan jadwal keberangkatan dan disiapkan untuk berangkat ke Arab Saudi. Semua calon haji akan berkumpul di asrama haji sebelum diberangkatkan ke Mekah dan Madinah.

Ketika tiba di Arab Saudi, kamu akan menjalankan rangkaian ibadah haji, seperti thawaf, sa’i, dan wukuf di Padang Arafah. Pelaksanaan ibadah haji menjadi momen yang sangat penting bagi setiap Muslim, dan pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Kesimpulan

Mendapatkan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji adalah impian bagi setiap Muslim. Dalam daftar haji Banten 2019, setiap orang yang memenuhi syarat akan memiliki kesempatan untuk berangkat ke Arab Saudi dan menunaikan ibadah haji.

Namun, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik, baik dalam hal kesehatan maupun persiapan finansial. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna untuk persiapan anda.