Skip to content
Home » Daftar Haji Minimal Usia Berapa

Daftar Haji Minimal Usia Berapa

Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang daftar haji minimal usia berapa? Seperti yang kita ketahui, ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam lima yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Namun, tidak semua orang bisa pergi ke tanah suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji, terutama bagi mereka yang masih di bawah umur.

Syarat-Syarat Melakukan Ibadah Haji

Sebelum membicarakan tentang daftar haji minimal usia berapa, ada baiknya kita mengingat kembali syarat-syarat untuk melakukan ibadah haji. Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi:

  1. Beragama Islam.
  2. Berakal dan mampu secara fisik serta finansial.
  3. Pernah melakukan ibadah Umrah (jika belum pernah maka harus melakukan biaya tambahan).
  4. Berkas dokumen perjalanan sudah lengkap dan sesuai dengan persyaratan.

Daftar Haji Minimal Usia Berapa

Setelah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan, umat Muslim yang ingin melakukan ibadah haji harus memperhatikan batasan usia minimal untuk melakukan ibadah haji. Menurut Departemen Agama, usia minimal yang dibutuhkan untuk melakukan ibadah haji adalah 18 tahun. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa usia minimal yang dibutuhkan adalah 12 tahun, asalkan siap secara fisik dan finansial.

Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membawa anak kecil untuk melakukan ibadah haji. Seperti misalnya, siap secara mental dan fisik, kemampuan untuk menjaga keselamatan diri dan lingkungan sekitar, serta harus memiliki pendamping yang bertanggung jawab selama perjalanan.

Kesimpulan

Ibadah haji merupakan salah satu keutamaan dalam Islam dan merupakan harapan bagi umat Muslim di seluruh dunia. Namun, sebelum melakukan ibadah haji, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, termasuk daftar haji minimal usia berapa. 18 tahun adalah usia minimal yang direkomendasikan, tetapi ada juga yang mengatakan bahwa usia minimal yang dibutuhkan adalah 12 tahun, asalkan siap secara fisik dan finansial. Namun, sebelum membawa anak kecil untuk melakukan ibadah haji, perlu dipertimbangkan segala aspek seperti kemampuan fisik dan mental, keselamatan diri, dan pendamping yang bertanggung jawab selama perjalanan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan ibadah haji dan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.

BACA JUGA:   Ucapan Semoga Jadi Haji Mabrur - Tips dan Manfaat Umrah dan Haji