Skip to content
Home ยป Daftar Haji Reguler 2020: Panduan Berhaji untuk Calon Jamaah

Daftar Haji Reguler 2020: Panduan Berhaji untuk Calon Jamaah

Jamaah haji merupakan jemaah Muslim yang melakukan ibadah haji di Tanah Suci Makkah dan Madinah di Arab Saudi. Meskipun haji dapat dilakukan kapan saja, ibadah haji yang diselenggarakan secara reguler memiliki banyak keunggulan, seperti biaya yang lebih terjangkau dan perlengkapan yang tersedia, serta kemudahan dalam memperoleh visa. Di bawah ini akan dijelaskan dengan rinci tentang Daftar Haji Reguler 2020 yang harus diketahui oleh calon jamaah.

Persyaratan untuk Mendaftar Haji Reguler 2020

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon jamaah yang ingin mendaftar haji reguler 2020. Salah satunya adalah umur minimal 18 tahun dan maksimal 70 tahun. Calon jamaah juga harus memiliki paspor berlaku yang masih berlaku selama setidaknya 8 bulan pada saat pendaftaran. Selain itu, calon jamaah juga harus sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki utang pajak, dan belum pernah menunaikan ibadah haji sebelumnya.

Tata Cara Pendaftaran Haji Reguler 2020

Proses pendaftaran haji reguler 2020 dapat dilakukan melalui Kantor Kementerian Agama Provinsi atau Kabupaten/Kota sesuai dengan wilayah tempat tinggal calon jamaah. Calon jamaah harus mengisi formulir dan menyerahkannya bersama dengan berkas-berkas yang diperlukan seperti paspor, sertifikat kesehatan, dan surat keterangan tidak memiliki utang pajak. Setelah verifikasi berkas oleh Kantor Kementerian Agama, calon jamaah akan mendapatkan kartu kuning yang berfungsi sebagai bukti keseriusannya untuk menunaikan ibadah haji.

Biaya dan Perlengkapan untuk Menunaikan Ibadah Haji Reguler 2020

Biaya untuk menunaikan ibadah haji reguler 2020 tergantung pada negara asal calon jamaah. Di Indonesia, biaya untuk mendaftar haji reguler 2020 berkisar antara 45-50 juta rupiah. Biaya ini meliputi transportasi, akomodasi, serta perlengkapan seperti koper dan perlengkapan ihram. Calon jamaah juga harus menyiapkan uang saku untuk keperluan selama di Arab Saudi.

BACA JUGA:   Lagu Panggilan Ibadah Haji

Waktu Pelaksanaan Haji Reguler 2020

Ibadah haji reguler 2020 dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Zulhijjah, yaitu bulan ke-12 kalender Hijriyah. Waktu pelaksanaan haji reguler 2020 dimulai dari tanggal 28 Juli sampai dengan tanggal 2 Agustus 2020.

Kesimpulan

Bagi calon jamaah yang ingin menunaikan ibadah haji reguler 2020, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, mendaftar di Kantor Kementerian Agama, membayar biaya, dan menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan saat berada di Arab Saudi. Harapannya, dengan mengetahui panduan ini, calon jamaah dapat menunaikan ibadah haji reguler 2020 dengan nyaman dan lancar.