Skip to content
Home » Daftar Haji via Pengadaian Syariah: Cara Mendapatkan Dana Haji Tanpa Riba

Daftar Haji via Pengadaian Syariah: Cara Mendapatkan Dana Haji Tanpa Riba

Mendapatkan kesempatan untuk pergi ke Tanah Suci dan melaksanakan ibadah haji adalah dambaan setiap umat Muslim. Namun, tidak semua orang memiliki kesempatan itu dengan mudah karena faktor biaya yang tinggi. Harga paket haji biasa mencapai puluhan juta rupiah yang belum termasuk kebutuhan hidup di sana. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang harus menabung bertahun-tahun untuk bisa pergi haji.

Namun, sekarang ada alternatif lain untuk mendapatkan dana haji tanpa harus menunggu bertahun-tahun. Salah satunya adalah melalui program pengadaian syariah. Dalam program ini, kamu bisa meminjam uang untuk biaya haji dan membayar kembali secara bertahap tanpa riba. Apa saja yang perlu kamu ketahui tentang daftar haji via pengadaian syariah? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Apa Itu Pengadaian Syariah?

Pengadaian syariah adalah program pembiayaan yang menggunakan jaminan barang sebagai jaminan. Namun, bedanya dengan pegadaian konvensional adalah pengadaian syariah bebas dari riba. Dalam pengadaian syariah, uang yang kamu pinjam dikenakan biaya administrasi yang fair dan transparent. Konsep ini dilandaskan pada prinsip syariah bahwa riba (bunga) adalah haram.

Bagaimana Cara Pengadaian Syariah Bekerja?

Dalam pengadaian syariah, pihak pembiayaan akan mengevaluasi barang jaminan yang kamu berikan. Jumlah pembiayaan yang kamu bisa dapatkan tergantung pada nilai barang jaminan dan besarnya biaya administrasi yang dikenakan. Setelah itu, kamu akan menandatangani perjanjian pembiayaan yang berisi nilai pembiayaan, biaya administrasi, waktu pembayaran, dan jaminan barang.

Setelah perjanjian ditandatangani, kamu akan mendapatkan dana pembiayaan yang bisa digunakan untuk biaya haji. Kamu bisa membayar kembali dana pembiayaan tersebut secara bertahap dalam jangka waktu tertentu. Setiap kali membayar cicilan, kamu akan membayar sejumlah dana pembiayaan beserta biaya administrasi yang telah disepakati.

BACA JUGA:   Daftar Haji Sekarang Berapa Tahun Lagi Berangkat Haji

Keuntungan Daftar Haji Via Pengadaian Syariah

  1. Bebas Riba

Konsep riba meminjamkan uang dengan bunga yang tinggi dianggap haram dalam agama Islam. Dalam pengadaian syariah, kamu bisa mendapatkan dana pembiayaan tanpa riba, sehingga lebih sesuai dengan prinsip syariah.

  1. Mudah dan Cepat

Proses pengajuan pembiayaan sangat mudah dan cepat. Kamu hanya perlu membawa barang jaminan dan cukup menunggu beberapa saat untuk mendapatkan dana pembiayaan.

  1. Biaya Administrasi Lebih Rendah

Dalam pengadaian syariah, biaya administrasi yang dikenakan lebih rendah dibandingkan dengan pembiayaan konvensional. Hal ini dikarenakan tidak adanya riba.

Cara Daftar Haji Via Pengadaian Syariah

Untuk mendapatkan dana pembiayaan haji melalui pengadaian syariah, kamu perlu melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Pilih lembaga pengadaian syariah terpercaya yang menyediakan program pembiayaan haji.

  2. Tinjau syarat dan ketentuan program pembiayaan.

  3. Siapkan jaminan barang yang sesuai dengan syarat dan ketentuan.

  4. Ajukan pembiayaan haji dan tunggu persetujuan.

  5. Setelah disetujui, gunakan dana pembiayaan untuk biaya haji.

  6. Bayar cicilan secara rutin sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Kesimpulan

Mendapatkan dana untuk biaya haji tidak perlu menunggu bertahun-tahun. Kamu bisa menggunakan program pengadaian syariah yang bebas dari riba. Selain itu, proses pengajuan pembiayaan yang mudah dan cepat, membuat program ini semakin diminati. Jadi, jika kamu ingin memenuhi kewajiban pergi haji, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan pengadaian syariah sebagai alternatif pembiayaan.