Skip to content
Home ยป Daftar Harga Oleh-Oleh Haji: Tips Belanja yang Pintar dan Hemat

Daftar Harga Oleh-Oleh Haji: Tips Belanja yang Pintar dan Hemat

Jika Anda atau keluarga Anda akan melakukan ibadah haji, maka salah satu hal yang wajib Anda persiapkan adalah oleh-oleh haji. Tentunya, setiap calon jamaah memiliki keinginan untuk membawa oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat yang ingin membuat mereka senang dan bangga. Namun, membeli oleh-oleh bisa menjadi konsumsi yang cukup besar di antara jangkauan biaya perjalanan Anda. Oleh karena itu, Anda harus pandai-pandai mempertimbangkan daftar harga oleh-oleh haji sebelum melakukan pembelian.

Tips Belanja yang Pintar

Membeli oleh-oleh haji memang bukan perkara mudah. Ada begitu banyak jenis oleh-oleh yang bisa Anda beli, dari sesuatu yang sederhana hingga yang lebih mewah dengan harga yang bervariasi. Ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda saat membeli oleh-oleh haji:

Pertimbangkan Kisaran Harga

Pastikan Anda mencari tahu tentang kisaran harga produk yang ingin Anda beli. Anda bisa mencari informasi ini melalui berbagai sumber, seperti internet atau melalui teman-teman yang sudah pernah melakukan ibadah haji. Setelah Anda mengetahui kisaran harga suatu produk, Anda bisa membandingkan di beberapa tempat untuk memperoleh harga yang lebih terjangkau.

Bertanya pada Orang Terdekat

Tanyakan pada orang terdekat yang sudah pernah melakukan ibadah haji tentang apa yang sebaiknya dibeli sebagai oleh-oleh. Mereka mungkin memiliki informasi tentang tempat-tempat terbaik, jenis produk khas, atau barang yang biasanya masuk daftar favorit, atau bahkan hal-hal yang tidak perlu dibeli.

Bersabar dan Jangan Buru-buru

Waktu belanja adalah saat yang menyenangkan namun juga berbahaya saat Anda mudah terbawa suasana. Ketika Anda telah mengetahui kisaran harga suatu produk, pastikan Anda memilih dengan hati-hati. Jangan terburu-buru dalam memilih barang karena harga yang murah terkadang menyesatkan dan mengakibatkan Anda membeli barang yang sebenarnya tidak perlu.

BACA JUGA:   Haji Mabrur dalam Konteks Sekarang

Tiket Belanja

Tentu ada beberapa acara kunjungan ke tempat-tempat belanja oleh-oleh yang perlu Anda datangi di Arab Saudi. Apabila Anda ingin menghemat pengeluaran dalam membeli oleh-oleh haji, Anda bisa membeli oleh-oleh saat di tempat ini karena biasanya tempat ini menyediakan diskon dan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan tiket belanja di hotel atau penginapan sehingga dapat memperoleh potongan harga lebih besar.

Daftar Harga Oleh-Oleh Haji

Setelah mengetahui tips belanja yang pintar, Anda tentu memerlukan informasi tentang daftar harga oleh-oleh haji. Berikut adalah beberapa contoh harga oleh-oleh haji tertentu:

  • Madu:

Madu merupakan salah satu oleh-oleh yang paling populer. Harga madu berkisar antara 50 ribu hingga 300 ribu rupiah per botol, tergantung pada merek dan jenis madu.

  • Kurma:

Kurma biasanya dijadikan salah satu oleh-oleh paling penting dari tanah suci Mekah. Tingkat kelezatan dan rasa kurma berbeda-beda sehingga harganya pun berbeda-beda. Harga rata-rata kurma berkisar antara 50-150 ribu rupiah per kilogram.

  • Parfum:

Parfum atau minyak wangi biasanya menjadi pilihan sebagai oleh-oleh bagi keluarga. Harga parfum berkisar antara 50 ribu hingga 500 ribu rupiah per botol tergantung pada merk dan ukuran.

  • Tasbih dan Topi Khas Haji:

Mereka yang melakukan ibadah haji biasanya membawa barang khas seperti tasbih dan topi. Harga tasbih dan topi khas haji tentu tergantung pada jenis dan kualitasnya. Harga tasbih mulai dari 20-100 ribu rupiah, sementara harga topi berkisar antara 50-150 ribu rupiah.

  • Sabun:

Sabun khusus merupakan oleh-oleh yang sangat populer bagi keluarga atau kerabat. Harga sabun berkisar antara 30 ribu hingga 150 ribu rupiah per bungkus tergantung pada merek dan situs pembelian.

  • Souvenir Tempat Suci Islam
BACA JUGA:   Cucapan Selamat yang Mau Ibadah Haji

Souvenir berupa patung Al-Quran, kiblat, atau Ka’bah merupakan pilihan bagi mereka yang ingin memberikan oleh-oleh yang bertemakan agama. Souvenir tersebut dijual dengan harga sekitar 50 ribu hingga 150 ribu rupiah.

Kesimpulan

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh haji, maka pastikan Anda mempertimbangkan daftar harga oleh-oleh haji sebelum membeli. Selain itu, Anda juga harus berbelanja secara pintar dan berkualitas tinggi. Ada banyak tempat di Arab Saudi di mana Anda bisa membeli barang dengan cukup murah. Semoga tips dan daftar harga oleh-oleh haji ini berguna bagi Anda dalam mempersiapkan perjalanan ibadah haji Anda.