Skip to content
Home » Daftar Keberangkatan Calon Haji Sulbar Thn 2019

Daftar Keberangkatan Calon Haji Sulbar Thn 2019

Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah telah merilis daftar keberangkatan calon haji Sulbar tahun 2019 yang terdiri dari ribuan orang. Bagi masyarakat Sulawesi Barat yang telah terdaftar sebagai calon haji, akan segera berangkat menuju Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji.

Persiapan Calon Haji

Sebelum berangkat, calon haji harus mempersiapkan segala keperluan dan perlengkapan yang dibutuhkan selama menjalankan ibadah haji. Hal ini termasuk mempelajari rukun dan syarat haji, mempelajari jadwal keberangkatan dan kepulangan, serta mempersiapkan fisik dan kesehatan yang optimal untuk menjalankan ibadah haji.

Jadwal Keberangkatan

Calon jamaah haji Sulbar akan berkumpul di Asrama Haji Sudiang pada tanggal 8 Juli 2019. Di tempat ini, mereka akan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan, administrasi, serta pembekalan sebelum berangkat ke Tanah Suci. Setelah itu, mereka akan diberangkatkan menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar untuk terbang ke Saudi Arabia.

Penginapan di Madinah

Setelah mendarat di Saudi Arabia, rombongan calon haji Sulbar akan langsung menuju Madinah untuk melaksanakan ibadah umrah. Mereka akan menginap di hotel berbintang dan berkunjung ke beberapa tempat bersejarah di Madinah, seperti Masjid Nabawi dan Makam Rasulullah.

Menunaikan Ibadah Haji

Setelah selesai mengunjungi Madinah, rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji. Selama di sana, mereka akan melaksanakan rangkaian ibadah haji seperti thawaf, sa’i, wukuf di Arafah, serta mabit di Mina. Setelah selesai menunaikan ibadah haji, calon jamaah akan kembali ke Madinah untuk melaksanakan ibadah ziarah.

Kepulangan ke Indonesia

Setelah selesai melakukan ibadah di Madinah, rombongan calon haji Sulbar akan kembali ke Jeddah untuk dipulangkan ke Indonesia. Para jamaah akan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta pada tanggal 16 Agustus 2019.

BACA JUGA:   Tata Cara Daftar Pergi Naik Haji e Mekkah

Kesimpulan

Menjalankan ibadah haji adalah impian bagi setiap muslim di seluruh dunia. Oleh karena itu, persiapan yang matang dan detail sangat diperlukan agar calon haji dapat melaksanakan ibadah tersebut dengan baik dan benar. Dengan mengetahui jadwal keberangkatan dan kepulangan, calon jamaah haji Sulbar dapat mempersiapkan segala keperluan dengan baik. Selamat menunaikan ibadah haji!