Skip to content
Home » Daftar Naik Haji 2017: Panduan Lengkap untuk Calon Jamaah Haji

Daftar Naik Haji 2017: Panduan Lengkap untuk Calon Jamaah Haji

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk berhaji pada tahun 2017, Anda harus mulai mempersiapkan diri sejak dini. Persiapan yang matang dapat memudahkan perjalanan Anda selama berada di tanah suci. Sebagian dari Anda mungkin telah memiliki pengalaman berhaji sebelumnya, tetapi bagi yang belum pernah berhaji sebelumnya, persiapan yang baik sangat penting untuk memastikan perjalanan yang sukses. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap yang menyediakan daftar naik haji 2017 dan informasi yang berguna lainnya untuk mempersiapkan perjalanan Anda.

Persiapan Administrasi

Sebelum mulai mempersiapkan fisik Anda, ada beberapa persiapan administratif yang perlu dilakukan.

Pendaftaran

Pendaftaran haji harus dilakukan di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota tempat Anda terdaftar sebagai penduduk atau daerah besar terdekat. Calon jamaah haji harus melengkapi persyaratan seperti kartu keluarga (KK), buku nikah, paspor, dan akta lahir. Segera setelah pendaftaran, Anda dapat mulai membayar biaya haji secara bertahap dengan menggunakan layanan Tabungan Haji.

Akomodasi

Persiapan akomodasi juga harus dilakukan sejak dini. Jamaah Haji di Indonesia akan ditempatkan di kompleks yang disebut sebagai Embarkasi. Di sana, mereka akan menunggu untuk akan berangkat ke tanah suci. Pastikan Anda telah mendaftar untuk akomodasi di Embarkasi. Jangan lupa untuk mengecek lokasi Embarkasi dan pilihlah yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda.

Visa dan Paspor

Visa haji dan paspor harus dilengkapi dengan benar untuk memasuki Arab Saudi. Paspor sebaiknya diperbarui sebelum pendaftaran. Setelah itu, persiapkan dokumen-dokumen seperti surat bebas hutang, surat keterangan sehat, dan lainnya yang diminta oleh Kementerian Agama.

BACA JUGA:   Daftar Haji 2018 Depok: Panduan Lengkap dan Terbaru

Pelatihan

Pelatihan persiapan dan kelas haji harus diikuti oleh calon jamaah haji. Ini penting untuk mempersiapkan diri secara mental dan fisik serta mempelajari etika dan tata cara berhaji secara benar.

Persiapan Fisik

Persiapan fisik yang baik akan mempersiapkan tubuh dan kesehatan Anda selama berada di tanah suci. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

Kebugaran

Persiapkan tubuh dengan berolahraga atau berjalan kaki secara teratur sebelum berangkat ke tanah suci. Ini akan membantu Anda beradaptasi dengan iklim yang berbeda dan kegiatan fisik yang lebih berat selama di sana. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat untuk memastikan keadaan fisik Anda.

Pakaian

Pakaian untuk berhaji harus sesuai dengan aturan tertentu dan sangat sesuai untuk lingkungan yang berubah-ubah. Pakaian yang disarankan adalah baju koko dan celana dalam yang panjang. Selama di Arab Saudi, pakaian sebaiknya memiliki bahan kain yang nyaman dan mudah menyerap keringat.

Obat-obatan

Selalu membawa obat-obatan pribadi dan memastikan bahwa dokter telah memberikan persetujuan untuk mengonsumsinya. Memiliki obat-obatan seperti pereda sakit kepala, obat pereda nyeri otot, dan obat antidiare sangat penting untuk membantu mengatasi gejala yang mungkin terjadi selama perjalanan.

Tips Penting Selama Perjalanan

Ketika sampai di Arab Saudi, ada beberapa tips yang harus diingat untuk memastikan bahwa perjalanan Anda berjalan dengan lancar.

Pengangkutan

Karena jalan di Arab Saudi sangat padat selama musim haji, Anda harus memilih pengangkutan yang tepat untuk perjalanan Anda. Beberapa tim nasional mungkin menyediakan bus, tetapi jika tidak tersedia, perjalanan dapat dilakukan dengan taksi atau kereta api.

Suhu dan Lingkungan

Suhu lingkungan di Arab Saudi sangat panas dan lembab, terutama selama bulan Agustus hingga September. Pastikan Anda selalu minum air dan perhatikan tanda-tanda dehidrasi. Jangan lupa untuk memakai kacamata hitam dan topi untuk melindungi kulit dan mata dari sinar matahari yang berlebihan.

BACA JUGA:   Pendaftaran Online MTQ Yayasan Haji Anif

Memiliki Pasangan

Pastikan Anda selalu bersama dengan pasangan selama berada di tanah suci untuk memudahkan perjalanan Anda. Memiliki teman atau pasangan untuk berbagi pengalaman akan membuat perjalanan Anda terasa lebih berarti.

Kesimpulan

Berhaji dapat menjadi pengalaman yang sangat menakjubkan dan mengubah hidup. Persiapan yang matang sangat penting untuk memastikan bahwa perjalanan Anda menjadi sukses. Selain menyiapkan persyaratan administratif sejak dini, Anda juga harus mempersiapkan diri secara mental dan fisik selama perjalanan. Dengan mengikuti panduan dalam artikel ini, kami harap Anda dapat menikmati perjalanan Anda ke tanah suci. Selamat menunaikan ibadah haji!