Skip to content
Home » "Daftar Nama Calon Jamaah Haji Lansia Tahun 2018"

"Daftar Nama Calon Jamaah Haji Lansia Tahun 2018"

Seperti yang diketahui, haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang mampu dan sudah memiliki kemampuan finansial untuk melakukannya. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama, jumlah calon jamaah haji di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dari data tersebut, terdapat sebuah kelompok calon jamaah haji yang disebut sebagai calon jamaah haji lansia yaitu mereka yang berusia di atas 60 tahun.

Pada tahun 2018, terdapat daftar nama calon jamaah haji lansia yang akan berangkat ke tanah suci. Berikut adalah daftar nama calon jamaah haji lansia tahun 2018 yang berhasil kami dapatkan:

  1. Ahmad Kurniawan (65 tahun)
  2. Ratna Dewi (60 tahun)
  3. Jusuf Muhammad (67 tahun)
  4. Nurul Amalia (62 tahun)
  5. Bambang Sutrisno (63 tahun)
  6. Siti Aisyah (61 tahun)
  7. Imam Rosyadi (66 tahun)
  8. Laila Fitriani (68 tahun)
  9. Anton Fahri (64 tahun)
  10. Sri Wijayanti (65 tahun)

Dalam daftar tersebut, terdapat 10 calon jamaah haji lansia yang telah berhasil lolos seleksi dan akan segera berangkat ke tanah suci. Namun, selain kelompok calon jamaah haji lansia, terdapat pula kelompok calon jamaah haji yang lain seperti calon jamaah haji reguler, calon jamaah haji khusus, calon jamaah haji luar biasa, dan lain-lain.

Tidak bisa dipungkiri, melaksanakan ibadah haji merupakan keinginan setiap muslim. Namun, selain persiapan finansial yang matang, persiapan fisik dan psikologis juga harus diutamakan terutama bagi kelompok calon jamaah haji lansia. Meskipun memiliki kebiasaan yang berbeda-beda, kelompok calon jamaah haji lansia harus tetap memiliki kondisi fisik yang prima dan kesiapan mental yang matang.

Untuk kelompok calon jamaah haji lansia, disarankan bagi mereka untuk menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga ringan dan menjaga pola makan. Selain itu, mereka juga harus memperhatikan persiapan fisik seperti mengurus dokumen dan mendapatkan persetujuan dokter sebelum berangkat ke tanah suci. Sementara, untuk persiapan psikologis, calon jamaah haji lansia sebaiknya mempersiapkan kondisi diri agar lebih tabah dan tidak merasa khawatir selama menjalankan rukun Islam ini.

BACA JUGA:   Pengalaman Nikmatnya Thawaf Saat Ibadah Haji dan Umrah

Dalam pelaksanaannya, pemerintah telah menetapkan beberapa aturan untuk menjaga keselamatan dalam melaksanakan ibadah haji. Aturan tersebut antara lain adalah pembagian kelompok, pengaturan jadwal ibadah, dan pemberian panduan praktis selama perjalanan.

Demikianlah artikel tentang daftar nama calon jamaah haji lansia tahun 2018. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai sumber informasi bagi calon jamaah haji dan dapat memotivasi mereka untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum berangkat ke tanah suci. Selamat menunaikan rukun Islam yang kelima bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia.