Skip to content
Home » Daftar Pemberangkatan Haji 2021: Persiapan yang Perlu Dilakukan

Daftar Pemberangkatan Haji 2021: Persiapan yang Perlu Dilakukan

Saat ini, kita masih berada dalam situasi pandemi COVID-19 yang belum terkendali. Namun, bagi umat muslim yang sudah terdaftar dalam jadwal pemberangkatan haji 2021, persiapan tetap harus dilakukan secara optimal untuk memastikan perjalanan haji berjalan dengan lancar.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan diri untuk pemberangkatan haji 2021:

1. Mendapatkan Suntikan Vaksin COVID-19

Sudah menjadi syarat wajib bagi calon jamaah haji untuk mendapatkan suntikan vaksin COVID-19. Oleh karena itu, pastikan Anda telah menerima vaksin COVID-19 sesuai jadwal yang ditentukan oleh pihak kesehatan.

2. Pemeriksaan Kesehatan yang Komprehensif

Sebelum berangkat ke Mekkah, pastikan Anda melakukan pemeriksaan kesehatan yang komprehensif. Pemeriksaan ini meliputi tes COVID-19, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan laboratorium. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan risiko penyebaran COVID-19 selama perjalanan haji.

3. Menyiapkan Perlengkapan Haji yang Tepat

Pastikan Anda telah mempersiapkan perlengkapan haji yang tepat dan sesuai standar. Perlengkapan haji meliputi baju ihram, sandal jepit, koper, dan barang-barang kecil lainnya. Anda juga dapat menambahkan perlengkapan haji lainnya, seperti payung kecil, topi, tas pinggang, masker, dan handsanitizer.

4. Menyusun Jadwal Pribadi Perjalanan Haji

Sebelum berangkat, susun jadwal pribadi perjalanan haji yang lengkap dan terperinci. Jadwal ini akan menjadi panduan bagi Anda selama perjalanan haji. Pastikan jadwal tersebut mencakup jadwal sholat, makan, dan istirahat.

5. Menyiapkan Finansial yang Cukup

Pastikan Anda telah menyiapkan finansial yang cukup untuk perjalanan haji. Memastikan pemenuhan kebutuhan makan, transportasi serta penginapan, dan biaya-biaya lainnya yang dapat terjadi selama perjalanan haji.

BACA JUGA:   Daftar Nama Calon Jamaah Haji Tahun 2019 Lampung

6. Memahami Aturan dan Tata Tertib Haji

Pastikan Anda memahami aturan dan tata tertib haji, baik aturan dan tata tertib dalam ibadah haji maupun selama berada di Arab Saudi. Anda juga harus memperhatikan aturan-aturan keselamatan dan kesehatan yang ditetapkan oleh pihak berwenang setempat.

Persiapan yang baik dan komprehensif sangat diperlukan untuk menjalani perjalanan haji 2021 yang aman dan nyaman ditengah situasi pandemi COVID-19 saat ini. Semoga Allah SWT memberikan kelancaran dan kemudahan dalam menjalani ibadah haji.

Kesimpulan

Pemberangkatan haji 2021 membutuhkan persiapan yang mendalam dan komprehensif. Mulai dari persiapan kesehatan, perlengkapan haji yang tepat, jadwal pribadi, finansial, hingga memahami aturan dan tata tertib haji. Pastikan Anda telah mempersiapkan diri dengan baik dan komprehensif agar perjalanan haji berjalan dengan lancar dan sukses.