Skip to content
Home » Daftar Perlengkapan yang Dibawa saat Umroh

Daftar Perlengkapan yang Dibawa saat Umroh

Selamat datang di artikel ini! Di sini, kita akan membahas daftar perlengkapan yang dibawa saat umroh. Salah satu persiapan yang penting pada saat akan melakukan ibadah umroh salah satunya adalah mempersiapkan perlengkapan yang akan dibawa. Perlengkapan yang cukup membantu dalam menunjang kenyamanan dan kelancaran saat melaksanakan ibadah umroh.

Tas

Tas adalah perlengkapan utama yang harus disiapkan. Usahakan untuk memilih tas yang ringan, sehingga dapat memudahkan mobilitas selama berada di Tanah Suci. Tas yang dipilih harus cukup besar untuk menampung semua perlengkapan yang dibawa.

Baju Ihram

Baju Ihram adalah salah satu perlengkapan penting yang harus dibawa saat umroh. Baju ini umumnya berupa dua potong kain berwarna putih yang biasanya dibuat dari kain katun, namun ada juga yang terbuat dari bahan lain seperti sutra atau polyester. Pastikan memilih bahan yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Sarung

Sarung adalah perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan saat akan umroh. Sarung berfungsi untuk menutupi tubuh bagian bawah setelah memakai baju ihram. Selain itu, sarung juga dapat digunakan saat mandi di Zam-Zam, sehingga bisa menghindari pandangan orang lain.

Mukena

Mukena adalah perlengkapan yang sangat penting bagi perempuan yang akan mengunjungi Tanah Suci. Mukena akan digunakan saat akan berdoa di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Pilih mukena yang ringan dan mudah dibawa, tetapi juga nyaman digunakan.

Pengharum Ruangan

Pengharum ruangan berfungsi untuk memberikan aroma yang nyaman di kamar hotel. Tentu saja ini bukanlah perlengkapan yang wajib dibawa, namun dapat membuat suasana lebih nyaman. Usahakan untuk memilih pengharum ruangan dengan aroma yang lembut dan tidak terlalu menyengat.

BACA JUGA:   Lima Tips Meningkatkan Lama Ibadah Umroh

Pakaian Ganti

Saat akan umroh, usahakan membawa sejumlah pakaian ganti yang cukup. Pilih pakaian yang nyaman saat digunakan dan mudah untuk dicuci. Pastikan juga memilih pakaian yang bisa menyesuaikan cuaca.

Shampoo dan Sabun

Shampoo dan sabun sangat penting untuk membersihkan diri saat berada di Tanah Suci. Pastikan memilih shampoo dan sabun yang ringan dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

Obat-obatan

Pastikan untuk membawa obat-obatan yang mungkin akan dibutuhkan selama berada di Tanah Suci. Misalnya obat flu, obat sakit kepala, atau obat-obatan yang digunakan secara rutin.

Power Bank dan Charger

Usahakan untuk membawa power bank dan charger saat akan berangkat umroh. Hal ini berguna untuk mengisi daya pada perangkat elektronik seperti ponsel, kamera, atau laptop.

Dokumen Penting

Pastikan untuk membawa dokumen penting seperti paspor, visa, tiket pesawat dan uang dalam jumlah yang cukup.

Kesimpulan

Itulah daftar perlengkapan yang dibawa saat umroh. Ingat, selalu pastikan memberi prioritas pada perlengkapan yang dibutuhkan dan memilih barang-barang yang ringan dan mudah dibawa. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mempersiapkan perlengkapan umroh.