Skip to content
Home » Daftar Petugas Haji 2018: Persiapan Penting Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Daftar Petugas Haji 2018: Persiapan Penting Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji adalah impian bagi setiap muslim. Untuk membuat perjalanan anda menjadi lancar dan sukses, penting untuk mempersiapkan diri anda dengan baik. Salah satu persiapan terpenting adalah mengetahui daftar petugas haji 2018. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci tentang daftar petugas haji 2018, serta persiapan dan informasi penting lainnya yang perlu anda ketahui.

Mengenal Petugas Haji

Sebelum membahas daftar petugas haji 2018, mari kita mengenal terlebih dahulu apa itu petugas haji. Petugas haji adalah para pemimpin rombongan yang bertugas untuk membimbing dan memandu jamaah haji selama di Tanah Suci. Tugas petugas haji meliputi pengawasan jamaah haji selama menjalankan ibadah, memberikan informasi, serta memfasilitasi kegiatan dan transportasi selama di sana.

Daftar Petugas Haji 2018

Berikut adalah daftar petugas haji 2018 yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia:

  • Kelompok Pertama (Madinah-Makkah):
    Ketua Kelompok: KH. Maman Fatani, M.Ag
    Pembimbing: Hayyul Hadi
    Petugas Kesehatan: dr. Istianingsih
    Petugas Keamanan: AKBP Nurut Taqwa

  • Kelompok Kedua (Madinah-Makkah):
    Ketua Kelompok: KH. Muslih Mulyadi, M.Ag
    Pembimbing: Tamir S.Ag
    Petugas Kesehatan: dr. Ernawati
    Petugas Keamanan: AKBP Agus Rohmat

  • Kelompok Ketiga (Madinah-Makkah):
    Ketua Kelompok: KH. Maman Imanulhaq, M.Ag
    Pembimbing: Nurdin S.Ag
    Petugas Kesehatan: dr. Irma Nofita
    Petugas Keamanan: AKBP Mustofa Kamal

  • Kelompok Keempat (Madinah-Makkah):
    Ketua Kelompok: KH. H. Rohman Jazuli, M.Pd.I
    Pembimbing: M. Hasanuddin Harahap, S.Pd.I
    Petugas Kesehatan: dr. Siti Nurjanah
    Petugas Keamanan: AKBP Ahmad Muzaki

Persiapan Penting Sebelum Berangkat

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, ada beberapa persiapan penting yang perlu anda lakukan. Pertama, pastikan anda sehat dan bugar. Segera periksakan kesehatan anda ke dokter spesialis haji untuk mendapatkan saran dan vaksin yang diperlukan untuk mencegah penyakit.

BACA JUGA:   Mekanisme Pendaftaran Haji: Prosedur yang Harus Diikuti

Kedua, persiapkan segala sesuatunya dengan matang, seperti paspor, visa, tiket pesawat, asuransi perjalanan, serta barang-barang yang akan dibawa ke Tanah Suci. Pastikan anda membawa pakaian yang sesuai dengan aturan dan amalan di Tanah Suci, serta membawa uang tunai dan kartu kredit yang cukup.

Ketiga, kenali jadwal dan rute perjalanan yang akan anda tempuh selama di Tanah Suci. Disarankan untuk membawa peta dan informasi yang memadai untuk membantu anda melihat rute perjalanan, sehingga anda tidak tersesat.

Tips Berharga untuk Jamaah Haji

Selain mengetahui daftar petugas haji 2018 dan persiapan penting sebelum berangkat, ada beberapa tips berharga untuk jamaah haji. Pertama, utamakan kesehatan dan keselamatan anda dan jamaah lainnya dengan cara menerapkan prinsip-prinsip kebersihan, termasuk mencuci tangan dengan sabun dan menjaga kebersihan lingkungan.

Kedua, hormati adat dan aturan yang berlaku di Tanah Suci dan jangan melanggarnya. Selalu menghormati orang lain dan berbincang dengan sopan demi menjamin kenyamanan bersama.

Kesimpulan

Daftar petugas haji 2018 sangat penting diketahui untuk memastikan perjalanan haji anda berjalan lancar dan sukses. Selain itu, disarankan untuk mempersiapkan diri secara matang sebelum berangkat dan mengetahui tips-tips berharga untuk memastikan kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan anda selama di Tanah Suci. Dengan persiapan yang matang, perjalanan haji anda akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.