Skip to content
Home » Daftar Porsi Keberangkatan Haji

Daftar Porsi Keberangkatan Haji

Sebagai salah satu rukun Islam, ibadah haji menjadi kewajiban bagi umat Muslim yang mampu secara finansial dan fisik untuk melaksanakannya. Setiap tahun, ribuan orang dari seluruh dunia berangkat ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji.

Namun, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk pergi ke Mekkah pada tahun yang sama. Oleh karena itu, untuk mengatur keberangkatan calon jamaah haji, pemerintah Indonesia memberikan daftar porsi keberangkatan haji setiap tahunnya.

Apa itu Daftar Porsi Keberangkatan Haji?

Daftar Porsi Keberangkatan Haji adalah daftar yang berisi informasi mengenai jumlah jamaah haji yang diizinkan untuk berangkat ke Mekkah dari Indonesia pada tahun yang bersangkutan. Daftar ini ditentukan oleh Kementerian Agama setiap tahunnya.

Jumlah jamaah haji yang diizinkan untuk berangkat melalui daftar porsi keberangkatan haji dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok memiliki tanggal keberangkatan yang berbeda-beda.

Kelompok Keberangkatan Haji

Daftar Porsi Keberangkatan Haji mengelompokkan jamaah haji berdasarkan kriteria tertentu. Terdapat beberapa kelompok keberangkatan haji, yakni:

Kelompok Embarkasi

Kelompok embarkasi adalah kelompok jamaah haji yang berasal dari suatu daerah tertentu di Indonesia dan diberangkatkan dari bandara tertentu di Indonesia. Terdapat 22 kelompok embarkasi dalam daftar porsi keberangkatan haji.

Kelompok Reguler

Kelompok reguler adalah kelompok jamaah haji yang memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik dibandingkan kelompok lainnya. Kelompok ini diberangkatkan pada tanggal-tanggal tertentu dan memiliki waktu tinggal di Mekkah selama 40-45 hari.

Kelompok Khusus

Kelompok khusus adalah kelompok jamaah haji yang memiliki tingkat kesehatan yang lebih rendah. Kelompok ini diberangkatkan pada tanggal yang berbeda-beda dari kelompok reguler dan memiliki waktu tinggal di Mekkah selama 33-38 hari.

BACA JUGA:   Daftar Tunggu Haji Jakarta Barat - Informasi Terkini dan Terpercaya

Kelompok Haji Plus

Kelompok haji plus adalah kelompok jamaah haji yang tidak hanya menunaikan ibadah haji, tetapi juga melakukan kunjungan wisata ke negara-negara lain seperti Turki, Mesir, dan Yordania.

Proses Pendaftaran

Proses pendaftaran jamaah haji dimulai dari pendaftaran di Kementerian Agama dan membayar biaya haji. Setelah itu, jamaah haji akan mendapatkan nomor registrasi haji dan proses pengurusan dokumen-dokumen keberangkatan seperti paspor dan visa.

Setelah semua dokumen telah lengkap, jamaah haji akan mendapatkan jadwal keberangkatan dan pengumuman rombongan haji. Pada saat keberangkatan, jamaah haji harus mematuhi segala aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan untuk kelancaran pelaksanaan ibadah haji.

Kesimpulan

Daftar Porsi Keberangkatan Haji adalah informasi yang sangat penting bagi calon jamaah haji di Indonesia. Dengan mengetahui daftar porsi keberangkatan haji, calon jamaah haji dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan memilih kelompok keberangkatan haji yang sesuai dengan kebutuhan. Bagi umat Muslim yang ingin menunaikan ibadah haji, mari persiapkan diri sejak dini dan jangan lupa untuk memperhatikan informasi terbaru mengenai porsi keberangkatan haji setiap tahunnya.