Skip to content
Home » Daftar Quota Haji TN 2022: Cara Mendaftar dan Syaratnya

Daftar Quota Haji TN 2022: Cara Mendaftar dan Syaratnya

Daftar Quota Haji TN 2022: Cara Mendaftar dan Syaratnya

Sudah menjadi keinginan umat muslim untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah. Namun, mendaftar untuk keberangkatan haji bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi, quota haji yang terbatas membuat peluang untuk berangkat haji semakin sulit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mendaftar dan syarat-syaratnya agar bisa masuk dalam daftar quota haji TN 2022.

Quota Haji TN 2022

Sebelum membahas cara mendaftar dan syarat-syaratnya, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa quota haji TN 2022 di Indonesia diperkirakan akan naik menjadi 231.000 atau sekitar 5.000 orang dari quota haji pada tahun sebelumnya.

Quota ini diberikan oleh Kerajaan Arab Saudi kepada Indonesia berdasarkan kesepakatan yang terjadi sejak tahun 1986. Dari 231.000 orang tersebut, 200.000 kuota disediakan untuk jemaah haji reguler, sedangkan 31.000 kuota sisanya disediakan untuk penyandang disabilitas dan keluarga dari jemaah haji yang telah berangkat sebelumnya, serta staf pendukung.

Cara Mendaftar Haji

Untuk mendaftar haji, pertama-tama kamu harus mengetahui jadwal pendaftarannya. Biasanya, pendaftaran dibuka setiap tahun pada bulan Rabiul Awal hingga Jumadil Awal. Namun, jadwal pastinya akan diumumkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Setelah mengetahui jadwalnya, kamu bisa melakukan pendaftaran melalui beberapa cara, antara lain:

  1. Pendaftaran Secara Online: Kamu bisa mendaftar haji secara online melalui situs resmi Kementerian Agama atau situs penyedia jasa pendaftaran haji. Pastikan kamu mengikuti panduan pendaftaran dengan benar dan tidak menggunakan agen atau calo yang tidak resmi.

  2. Pendaftaran Secara Langsung di Kantor Kementerian Agama: Kamu juga bisa datang langsung ke kantor Kementerian Agama terdekat untuk mendaftar haji. Namun, kamu harus memastikan jadwal dan persyaratan yang diperlukan sebagai syarat mendaftar di Kantor Kementerian Agama.

  3. Pendaftaran Melalui Bank: Beberapa bank juga menyediakan layanan pendaftaran haji. Kamu bisa datang ke bank yang bekerjasama dengan pihak Kementerian Agama untuk melakukan pendaftaran haji.

BACA JUGA:   Memahami Tradisi Gelar Haji Di Kalangan Orang Arab

Persyaratan Mendaftar Haji

Setiap calon jemaah haji harus memenuhi beberapa persyaratan untuk bisa mendaftar haji, di antaranya:

  1. Memiliki KTP dan Akta Kelahiran

Calon jemaah harus memiliki KTP dan akta kelahiran yang masih berlaku saat akan mendaftar haji. Selain itu, jika kamu melakukan pendaftaran secara online, pastikan juga kamu memiliki alamat email dan nomor telepon yang masih aktif.

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran

Mendaftar haji memerlukan pengisian formulir pendaftaran yang bisa didapatkan di Kantor Kementerian Agama atau melalui situs resmi Kementerian Agama. Isi formulir pendaftaran dengan data yang valid dan benar.

  1. Mempunyai Akun eHajj

Sebelum mulai mendaftar haji, kamu harus memiliki akun eHajj. Akun ini bisa dibuat di situs resmi Kementerian Agama.

  1. Mempunyai Kartu Keluarga dan Surat Nikah

Jika kamu berencana untuk mendaftar haji dengan keluarga, pastikan kamu juga memiliki kartu keluarga dan surat nikah yang asli dan masih berlaku.

  1. Sudah Punya Paspor

Paspor adalah dokumen wajib bagi calon jemaah haji. Pastikan kamu sudah memiliki paspor yang masih berlaku saat akan mendaftar haji.

  1. Mengikuti Tes Kesehatan

Selain itu, calon jemaah haji juga harus mengikuti tes kesehatan yang disediakan oleh pihak Kementerian Agama. Tes ini meliputi tes fisik dan psikologi.

Kesimpulan

Demikianlah cara mendaftar dan syarat-syarat untuk masuk dalam daftar quota haji TN 2022. Pastikan kamu mempersiapkan diri dengan baik dan memenuhi persyaratan yang diperlukan agar bisa menunaikan ibadah haji tanpa kendala. Jangan lupa untuk mengikuti prosedur dan tidak mengandalkan agen atau calo yang tidak resmi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan memudahkan proses pendaftaran haji bagi kamu yang berkeinginan untuk melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah.

BACA JUGA:   Kesalahan dalam Perlaksanaan Ibadah Haji yang Umum Dilakukan Orang