Skip to content
Home » Daftar Tahun Keberangkatan Calon Haji

Daftar Tahun Keberangkatan Calon Haji

Saat ini, muslim di seluruh dunia menunggu giliran untuk menjalankan ibadah haji di Mekkah. Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan sekali seumur hidup bagi yang mampu melaksanakannya. Namun, karena jumlah jamaah haji yang terbatas dan terus meningkat setiap tahun, munculnya sistem kuota untuk haji.

Setiap tahun, pemerintah Saudi Arabia menetapkan kuota jamaah haji dari seluruh negara termasuk Indonesia. Daftar tahun keberangkatan calon haji Indonesia akan bergantung pada kuota tersebut yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi.

Daftar Tahun Keberangkatan Calon Haji Terbaru

Berikut adalah daftar tahun keberangkatan calon haji terbaru dari Indonesia:

  • Tahun 2020: Rencananya, sebanyak 221.000 calon haji dari Indonesia akan diberangkatkan pada tahun ini. Namun, dikarenakan situasi pandemi COVID-19, pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk membatalkan haji tahun ini untuk jamaah dari luar negeri.
  • Tahun 2021: Pada tahun depan, kuota jamaah haji dari Indonesia diperkirakan akan sekitar 234.000 orang. Namun, ini hanyalah perkiraan yang belum pasti, tergantung pada keputusan pemerintah Arab Saudi yang akan dirilis nanti.

Syarat dan Prosedur Pendaftaran Haji

Untuk menjadi calon jamaah haji, seseorang harus memenuhi persyaratan yang dipersyaratkan oleh pemerintah Saudi Arabia. Syarat-syarat tersebut meliputi:

  1. Umur minimal 18 tahun
  2. Sehat jasmani dan rohani
  3. Mempunyai KTP atau paspor
  4. Sudah memiliki akte nikah bagi yang menikah dan keterangan ahli waris bagi yang belum menikah
  5. Ditunjuk oleh kementerian agama

Syarat lainnya dan prosedur pendaftaran selengkapnya bisa dilihat melalui laman resmi Kementerian Agama.

Kendala dalam Pelaksanaan Haji

Pelaksanaan ibadah haji tidaklah mudah. Selain faktor kesehatan yang merupakan prioritas utama, banyak kendala lainnya yang harus dihadapi, seperti:

  1. Kuota jamaah yang terbatas
  2. Biaya yang mahal
  3. Cuaca ekstrem di Mekkah terkadang menyulitkan jamaah
  4. Bahasa Inggris yang tidak dikuasai oleh banyak jamaah
BACA JUGA:   Prosedur Penyelenggaraan Ibadah Haji

Namun, semua kendala tersebut tidak mengurangi semangat umat muslim dalam menjalankan ibadah haji di Mekkah.

Kesimpulan

Demikianlah daftar tahun keberangkatan calon haji serta persyaratan dan kendala dalam menjalankan ibadah haji. Menginjakkan kaki di bumi suci Mekkah merupakan impian bagi umat muslim di seluruh dunia. Semoga pandemi COVID-19 segera berakhir sehingga umat muslim dari Indonesia maupun seluruh dunia dapat menjalankan ibadah haji dengan sejahtera dan lancar.