Skip to content
Home » Daftar Tunggu Bandung Haji 2017: Bagaimana Cara Mendaftar?

Daftar Tunggu Bandung Haji 2017: Bagaimana Cara Mendaftar?

Berangkat ke tanah suci merupakan impian bagi setiap umat Islam. Tidak terkecuali orang-orang di kota Bandung yang sudah lama ingin menunaikan ibadah haji. Namun, kenyataannya tidak semua orang bisa langsung berangkat dalam satu waktu, terbentur dengan kuota yang terbatas. Maka, ada baiknya kamu menyimak daftar tunggu Bandung haji 2017 di bawah ini untuk mengetahui bagaimana cara mendaftar dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Apa itu Daftar Tunggu Haji?

Daftar tunggu haji adalah sistem antrian atau waiting list yang digunakan oleh Kementerian Agama. Dalam hal ini, untuk mengurus perizinan haji bagi semua calon jamaah haji di Indonesia. Sistem daftar tunggu haji ini mengatur waktu keberangkatan jamaah haji agar tidak berbarengan dalam jumlah yang besar.

Bagaimana Cara Daftar Tunggu Haji di Bandung?

Bagi masyarakat Bandung yang ingin mendaftar tunggu haji, caranya tidak jauh berbeda dengan daftar tunggu haji di daerah lain. Kamu bisa menggunakan aplikasi e-Haji milik Kementerian Agama yang tersedia di website resminya. Perlu diingat bahwa pendaftaran dibuka pada waktu tertentu sesuai dengan aturan yang berlaku.

Waktu Tunggu untuk Berangkat ke Tanah Suci

Bila kamu sudah mendaftar untuk haji di Bandung, kamu harus bersabar menunggu khidmat. Waktu tunggu antara 10-15 tahun ke depan. Jamaah di urutkan berdasarkan tanggal pendaftaran dan belum tentu bisa langsung berangkat di tahun tersebut. Oleh karena itu, banyak orang yang mempercayakan pembuatan paspor haji kepada travel haji atau biro travel profesional yang sudah terdaftar dan memiliki izin resmi.

BACA JUGA:   Tempat Penting Ibadah Haji Mekah

Berapa Biaya untuk Mendaftar Tunggu Haji?

Biaya untuk mendaftar tunggu haji tidak terlalu banyak dan cukup terjangkau. Kamu hanya perlu membayar biaya administrasi sebesar Rp.25.000,- bagi yang melakukan pendaftaran secara online. Biaya ini tentunya tidak sebanding dengan waktu tunggu yang cukup panjang untuk mendapatkan kesempatan berhaji.

Perlunya Anda Mengamati Tanggal Buka Pendaftaran

Untuk bisa masuk ke dalam daftar tunggu haji di Bandung, kamu harus memperhatikan waktu pendaftaran yang ditetapkan. Informasi ini bisa didapatkan melalui website resmi Kementrian Agama. Jangan sampai kamu melewatkan tanggal pembukaan pendaftaran karena ini akan berpengaruh pada waktu tunggu kamu untuk bisa berhaji.

Kesimpulan

Itulah tadi, artikel yang membahas daftar tunggu haji di kota Bandung tahun 2017. Mengetahui cara mendaftar dan kapan waktu yang tepat untuk mendaftar sangat membantu kamu. Meskipun waktu tunggunya cukup panjang, namun kita harus bersabar karena hasilnya bisa kita nikmati setelah tiba di tanah suci. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mendaftar tunggu haji di Bandung. Salam sejahtera!